Penulis Utama : Dyah Nur Rohmah
NIM / NIP : K3113018
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan dan kepentingan  terhadap  pengembangan  panduan  layanan  pengambilan keputusan karier, (2) mendeskripsikan kajian teori tentang pengambilan keputusan karier menggunakan teknik self-management, (3) menghasilkan prototipe-1 Panduan Layanan Pengambilan Keputusan Karier Menggunakan Teknik Self-Management pada Peserta didik SMK.
Metode penelitian  yang digunakan  adalah penelitian dan pegembangan dengan desain dari Borg and Gall. Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pra pengembangan  yaitu  pembuatan  produk.  Pengumpulan  data  yang  diperoleh dengan menggunakan angket tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK se-Karesidenan Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ada kebutuhan dan kepentingan peserta didik terhadap pengembangan pengambilan keputusan karier menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK berdasarkan hasil kajian teoretis
dan kajian emperik. Hasil kajian teoritik mengenai pengambilan keputusan karier meliputi pengertian pengambilan keputusan karier, aspek-aspek pengambilan keputusan karier faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karier, langkah-langkah pengambilan keputusan karier dan cara meningkatkan pengambilan keputusan karier, pengertian self-management, aspek-aspek self- management, langkah-langkah self-management, dan keunggulan self- management. Sedangkan hasil kajian empirik menunjukkan sebanyak 56,47% sangat dibutuhkan dan sebanyak 38,61% merasa sangat penting terhadap keterampilan pengambilan keputusan karier berdasarkan peserta didik, orang tua, dan guru BK. Kedua, berdasarkan kajian empirik dan kajian teoritik maka perlu dikembangkan produk berupa Buku Panduan Layanan Pengambilan Keputusan Karier Menggunakan Teknik Self-management pada peserta didik SMK. Buku panduan  tersebut  masih  berbentuk  prototipe-1,  sehingga  masih  perlu  diuji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifannya.

×
Penulis Utama : Dyah Nur Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113018
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Layanan Pengambilan Keputusan Karier Menggunakan Teknik Self Management pada Peserta Didik SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3113018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah H.A, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.