Penulis Utama : Heru Aji Pradana
NIM / NIP : K1513038
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sifat-sifat fisika dan mekanika bambu petung, yaitu kadar air, kerapatan, kuat tarik sejajar serat, kuat tekan sejajar serat, kuat tekan tegak lurus serat, kuat lentur, kuat geser dan modulus elastisitas, (2) Mengetahui pengaruh variasi lebar bilah bambu yang disusun horizontal terhadap MOR dan MOE, (3) Mengetahui nilai MOR dan MOE yang dihasilkan jika dibandingkan dengan kelas kuat kayu.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) Variabel bebas / independen : variasi lebar bilah bambu yaitu 10 mm, 15 mmdan 20 mm, (2) Variabel terikat / dependen : kuat lentur (MOR) dan modulus elastisitas (MOE).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) Hasil uji sifat fisika dan mekanika bambu petung sesuai dengan sifat fisika dan mekanika yang terdapat pada kayu kelas kuat II. (2) kuat lentur balok laminasi susunan bilah horizontal dengan variasi lebar bilah 10 mm, 15 mm dan 20 mm berpengaruh signifikan terhadap nilai MOR yang dihasilkan. Semakin besar lebar bilah bambu yang digunakan maka semakin besar nilai MOR yang didapatkan. Namun tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai MOE yang dihasilkan. (3) Nilai MOR dan MOE rata-rata balok bambu laminasi susunan horizontal termasuk kelas kuat kayu I.

 

×
Penulis Utama : Heru Aji Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1513038
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Variasi Lebar Bilah Bambu Susunan Horizontal Terhadap Perilaku Mekanika Balok Bambu Laminasi yang Mengalami Keruntuhan Lentur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3113038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng.
2. Abdul Haris Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.