Penulis Utama : Destya Putri Amalia
NIM / NIP : G0015054
×

ABSTRAK

Destya Putri Amalia, G0015054, 2018. Hubungan Preeklampsia dengan Jumlah Perdarahan Postpartum di RS. Dr. Moewardi. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Perdarahan postpartum merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu. Sekitar 35 ?ri seluruh kematian ibu di dunia diakibatkan oleh perdarahan postpartum. Pada tahun 2013, sebanyak 30,3% kematian ibu di Indonesia disebabkan oleh perdarahan postpartum. Perdarahan postpartum adalah kondisi kehilangan darah ?500 mL setelah bayi dan plasenta lahir. Banyak faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan postpartum, salah satunya yaitu preeklampsia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara preeklampsia dengan jumlah perdarahan postpartum di RS Dr Moewardi

Metode: Penelitian ini termasuk penelitian observasional analitik yang menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian Rekam Medis RSUD Dr.Moewardi pada bulan September-Oktober 2018. Sampel yang diteliti pada penelitian ini sebanyak 38 sampel yang dikumpulkan menggunakan metode consecutive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Peneliti mengumpulkan data jumlah perdarahan postpartum pada ibu bersalin dengan preeklampsia selama kehamilan. Hubungan preeklampsia dengan jumlah perdarahan postpartum diuji dengan uji binomial dengan tingkat kemaknaan p < 0>

Hasil: Ditemukan dari 38 sampel, terdapat 9 orang ibu (23,7%) dengan jumlah perdarahan postpartum ? 500 cc dan 29 orang ibu (76,3%) dengan jumlah perdarahan postpartum < 500> 0,05)

Simpulan: Tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna antara preeklampsia dengan jumlah perdarahan postpartum di RS Dr Moewardi.
Kata Kunci: Preeklampsia, Jumlah Perdarahan Postpartum.

×
Penulis Utama : Destya Putri Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015054
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Preeklampsia Dengan Jumlah Perdarahan Postpartum Di Rs Dr Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. Ilmu Kedokteran-G0015054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wisnu Prabowo, dr., Sp.OG(K)
2. Siti Ma’rufah M.Sc, Apt
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.