Penulis Utama : Budi Siswanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Hubungan persepsi motivasi dan pengawasan terhadap prestasi kerja buruh bangunan di perusahaan jasa konsultasi CV. Bumi Bangun Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1201013-2003
Subyek : MANAJEMEN BURUH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini tentang “ Hubungan Motivasi Dan Pengawasan Dengan Prestasi Kerja Buruh Bangunan Di Perusahaan Jasa Konstruksi CV. Bumi Bangun Surakarta”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi dan pengawasan dengan prestasi kerja buruh bangunan di perusahaan jasa konstruksi CV. Bumi Bangun Surakarta dan untuk mengetahui variabel yang mempunyai hubungan paling kuat terhadap prestasi kerja buruh bangunan di CV. Bumi Bangun Surakarta.

Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Diduga terdapat hubungan antara motivasi dan pengawasan terhadap prestasi kerja buruh bangunan di CV. Bumi Bangun Surakarta, 2. Diduga faktor pengawasan yang lebih erat hubungannya dengan prestasi kerja buruh bangunan di CV. Bumi Bangun Surakarta.

Penelitian ini adalah penelitian survey. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Tehnik pengambilan sampel dengan metode sensus, yaitu dengan mengambil semua jumlah populasi yang ada sebagai responden. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang.

Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini digunakan metode analisis Chi Square dan Coefficient of Contingiency. Dari hasil analisi Chi Square memberi kesimpulan sebagai berikut : Secara keseluruhan motivasi dan pengawasan mempunyai hubungan terhadap prestasi kerja. Kesimpulan ini dapat diketahui dengan melihat hasil dari dari variabel motivasi yang sebesar 10,776 dan dari variabel pengawasan sebesar 11,261 sedangkan sebesar 9,488. Dari hasil ini ternyata hipotesis pertama yang menyatakan terdapat hubungan antara motivasi dan pengawasan terhadap prestasi kerja terbukti.

Kesimpulan terakhir dari penelitian ini ialah bahwa pengawasan mempunyai hubungan lebih erat dengan prestasi kerja buruh bangunan di CV. Bumi Bangun Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan analisis koefisien kontingensi, dimana Chitung dari hubungan antara motivasi dengan prestasi kerja sebesar 0.461 sedangkan besarnya Chitung dari hubungan antara pengawasan terhadap prestasi kerja sebesar 0.469, sedangkan besarnya Cmak adalah 0.816. Dengan aturan semakin kecil selisih antar Chitung d­engan Cmak akan semakin kuat hubungannya, maka hipotesis kedua yang menyatakan bahwa hubungan paling kuat adalah pengawasan terhadap prestasi kerja terbukti.

Oleh karena itu CV. Bumi Bangun meningkatkan motivasi pekerja dengan pemberian upah tepat waktu, segera memperbaiki kondisi peralatan bila diketahui ada peralatan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja, menjalin hubungan antara atasan dengan pekerja dan pekerja dengan pekerja, pemberian penghargaan serta pujian yang pantas bila pekerjaan yang dilaksanakan pekerja baik dan pemberian kesempatan bagi pekerja untuk memaksimalkan kemampuannya dengan memberikan tugas sesuai dengan kemampuannya yang membuat motivasi kerjanya tinggi.

Karena penilaian terhadap prestasi kerja buruh bangunan di CV. Bumi Bangun Surakarta belum dilaksanakan, maka perlu adanya suatu pencatatan yang didokumentasikan mengenai prestasi kerja masing-masing pekerja sehingga dapat digunakan untuk menentukan pengawasan dan pemberian motivasi yang sesuai dengan kondisi pekerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis