Penulis Utama : Intan Pratiwi
NIM / NIP : G0015114
×

ABSTRAK

Latar belakang: Anatomi merupakan salah satu ilmu dasar praktik klinis kedokteran. Saat ini, kurikulum kedokteran telah mengalami banyak perubahan seperti diterapkannya kurikulum kedokteran berbasis kompetensi yang berdampak pada waktu pembelajaran yang berkurang, serta banyak ilmu-ilmu baru yang bermunculan. Dan hingga saat ini belum ada standarisasi materi anatomi yang perlu diketahui mahasiswa kedokteran. Sehingga hal tersebut menyebabkan kurangnya pengetahuan anatomi mahasiswa kedokteran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat materi inti anatomi terkhusus sistem reproduksi wanita agar dapat mempermudah pembelajaran anatomi bagi mahasiswa kedokteran.

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Delphi 2 putaran. Subyek penelitian adalah dokter umum di Indonesia dipilih melalui purposive sampling sebanyak 20 orang.  Kuesioner  awal  delphi disusun berdasarkan tiga buku teks anatomi, satu terminologi anatomica, dan satu penelitian tentang materi inti anatomi. Delphi putaran I panel diminta untuk memilih materi yang penting dan dapat menambahkan materi jika belum ada. Delphi putaran II panel diminta memberi rangking 1-4 pada setiap materi. Peneliti menetapkan level konsensus sebesar 53%.

Hasil penelitian: Hasil Delphi putaran I didapatkan 176 materi dari total 178 materi dan tidak didapatkan materi tambahan. Delphi putaran II didapatkan materi inti anatomi sebanyak 84 (47.72%) dari 176 materi.

Simpulan penelitian: Konsensus dokter umum ada sebanyak 84 materi inti anatomi sistem reproduksi wanita.

Kata kunci: anatomi, materi inti, sistem reproduksi wanita, konsensus dokter umum, metode Delphi

 

×
Penulis Utama : Intan Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015114
Tahun : 2018
Judul : Konsensus Dokter Umum Mengenai Materi Inti Anatomi Sistem Reproduksi Wanita Untuk Mahasiswa Program Studi Kedokteran
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran- Jur. Ilmu kedokteran-G0015114-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yunia Hastami dr., MMedEd
2. Nanang Wiyono dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.