Penulis Utama : Istika Indah Prihatiningsih
NIM / NIP : D0314041
×

ABSTRAK


Istika Indah Prihatiningsih. D0314041. 2018. “Dampak Sosial Pembangunan Hotel Swiss Belinn di Kecamatan Laweyan Surakarta”. Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Letak Kecamatan   Laweyan   yang   cukup   strategis,   yang   berdekatan   dengan   sarana transportasi seperti Stasiun Purwosari dan Bandara Adi Sumarmo, selain itu merupakan merupakan areal wisata, yang membuat di kecamatan tersebut banyak dibangun  jasa  akomodasi  seperti  hotel.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan dampak sosial dari pembangunan hotel Swiss Belinn yang berada di Kecamatan Laweyan Surakarta. Dampak sosial diungkapkan oleh masyarakat melalui sebuah respon. Baik respon sebelum pembangunan dan respon setelah pembangunan hotel tersebut selesai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori masyarakat risiko yang dikemukakan oleh Ulrich Beck. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, data diambil dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan model interaktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lokasi pembangunan hotel tersebut merupakan bekas lahan dari Pabrik Es Saripetojo yang kemudian menimbulkan konflik. Dari hal tersebut dampak sosial didapatkan dari respon masyarakat sebelum pembangunan yaitu respon negative, dikarenakan pembangunan tersebut berdampak negative kepada warga masyarakat sekitar dan para pedagang pasar buah purwosari. Sedangan setelah pembangunan hotel selesai terdapat dua respon yaitu respon positif dan negative. Yang mana terdapat respon positif dikarenakan warga masyarakat sekitar pembangunan mendapatkan beberapa dampak positif dari adanya hotel tersebut. Lalu masih juga terdapat beberapa respon negative yang  dikarenakan  adanya  dampak  negative  setelah  pembangunan  hotel  tersebut selesai dibangun. Selain itu dari hasil penelitian juga didapatkan beberapa solusi untuk  mengantisipasi  dampak  dari  respon-respon  negative  baik  sebelum pembangunan maupun setelah pembangunan.

Kata Kunci :Dampak Sosial, Masyarakat Risiko, Pembangunan Hotel
 

 

×
Penulis Utama : Istika Indah Prihatiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314041
Tahun : 2018
Judul : Dampak Sosial Pembangunan Hotel Swiss Belinn Di Kecamatan Laweyan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP.-Prog. Sosiologi-D0314041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Hilmi Pujihartati M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.