Penulis Utama : Lilin Uswatun Khasanah
NIM / NIP : C0114035
×

ABSTRAK

Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis struktural Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti dengan menggunakan teori Robert Stanton (3) Bagaimana kepribadian karakter utama menurut teori Abraham Maslow dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti (3) Bagaimana proses kepribadian karakter utama menurut teori C. G. Jung dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti (4) Bagaimana kerja keras yang dimiliki oleh karakter utama dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti
Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  Mendeskripsikan  analisis  struktural dengan menggunakan teori Robert Stanton dalam novel Lintang karya Ardini Pangastuti (2) Mendeskripsikan kepribadian karakter  utama dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti (3) Mendeskripsikan proses kepribadian karakter utama menurut teori C . G. Jung dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti (4) Mendeskripsikan   kerja keras yang dimiliki oleh karakter utama dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti
Manfaat teoretis dari penelitian ini diharapkan dapat menambah kekayaan penelitian dalam bidang psikologi sastra tentang nilai kerja keras dan kepribadian dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti. Bagi peneliti, penelitian ini dapat memberikan wawasan keilmuan terutama dalam sastra novel.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan teknik deskriptif kualitatif . Data yang akan dikaji dalam penelitian, yakni mengkaji kalimat yang mengandung  unsur  kepribadian  dan  kerja  keras  yang  terdapat  dalam  novel Lintang karya Ardini Pangastuti. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber tertulis, yakni berupa novel berbahasa Jawa yaitu novel Lintang karya Ardini Pangastuti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis data yang   peneliti temukan yaitu: (1) secara keseluruhan novel Lintang karya Ardini Pangastuti   menunjukkan kesatuan yang utuh dan sangat  erat  kaitannya  satu  sama  lain.  Unsur-unsur  struktural  saling  terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah (2) dilihat dari aspek psikologi sastra, novel Lintang mengungkapkan kepribadian karakter utama yang memiliki berbagai  permasalahan  yang  mempengaruhi  kepribadiannya  (3)  proses kepribadian pada karakter utama yang semula terbuka menjadi tertutup menurut teori Carl Gustav Jung (4) berdasarkan dari unsur kerja keras, karakter utama tidak putus asa dalam mengejar impiannya.


Kata kunci: Novel Lintang, Kepribadian, Kerja Keras.

 

×
Penulis Utama : Lilin Uswatun Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114035
Tahun : 2018
Judul : Kepribadian Dan Kerja Keras Karakter Utama Dalam Novel Lintang Karya Ardini Pangastuti (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0114035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.