Penulis Utama : Arif Yuandana Sinaga
NIM / NIP : S841608005
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara kelompok peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan kelompok peserta didik yang diajar  dengan strategi  pembelajaran  ekspositori,  2)  perbedaan  kemampuan menulis  teks  cerpen antara  kelompok  peserta  didik  yang  memiliki  motivasi menulis  tinggi  dan  kelompok  peserta  didik  yang  memiliki  motivasi  menulis rendah, 3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi menulis terhadap kemampuan menulis teks cerpen.

Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian Quasi Experimental Research. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Kota Surakarta. Penentuan sampel dari populasi penelitian menggunakan teknik Stratified Cluster Random Sampling demgan dua tahap. Tahap pertama terpilih dua sekolah untuk diteliti, SMA Negeri 3 Surakarta (eksperimen) dan SMA Negeri 5 Surakarta (kontrol) dan tahap kedua terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan menulis teks cerpen pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan praktik menulis teks cerpen dan pengumpulan data motivasi menulis dengan teknik nontes berupa pemberian angket motivasi menulis. Pengujian validitas pada tes kemampuan menulis teks cerpen menggunakan  validatas kontruk  dan  pada  angket  motivasi  menulis  dengan korelasi product moment. Pengujian reliabilitas pada tes kemampuan menulis teks cerpen menggunakan reliabilitas rating dan pada angket motivasi menulis mengunakan alpha cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua, yaitu uji pesyaratan data  dan uji hipotesis.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan kemampuan menulis  teks  cerpen  yang signifikan  antara siswa  yang diajar dengan  strategi pembelajaran  peningkatan  kemampuan  berpikir  dan  siswa  yang diajar  dengan strategi ekspositori, 2) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerpen yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi menulis tinggi dan siswa yang memiliki motivasi menulis rendah, 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi menulis dalam memengaruhi kemampuan menulis teks cerpen siswa.

Kata kunci: strategi pembelajaran, motivasi menulis, kemampuan menulis teks cerpen.

×
Penulis Utama : Arif Yuandana Sinaga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608005
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Menulis terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Kelas Xi Siswa Sma Kota Surakarta Tahun Pembelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841608005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y Slamet, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.