Penulis Utama : Khotimatul Aminah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114033
Tahun : 2018
Judul : Integrasi Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Jawa dalam Nama-nama Alat Elektronik di Kota Surakarta (Tinjauan Sosiolinguistik).
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Daerah- C0114033-2018
Subyek : INTEGRASI, ALAT ELEKTRONIK, SOSIOLINGUISTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Penelitian ini mengkaji tentang: (1) bentuk integrasi bahasa Inggris ke  dalam bahasa Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta, (2) faktor yang melatarbelakangi  munculnya  integrasi  bahasa  Inggris  ke  dalam  bahasa  Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta, dan (3) situasi sosial yang menyebabkan munculnya integrasi bahasa Inggris ke dalam bahasa Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk integrasi bahasa Inggris ke dalam bahasa Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta, (2) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi  munculnya  integrasi  bahasa  Inggris  ke  dalam  bahasa  Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta, dan (3) mendeskripsikan situasi sosial yang menyebabkan munculnya integrasi bahasa Inggris ke dalam bahasa Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di Kota Surakarta. Data di dalam penelitian ini merupakan data lisan yang berupa tuturan yang mengandung integrasi. Sumber data di dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu: informan dan lokasi penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dan metode padan. Sedangkan metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal.

Hasil analisis data di dalam penelitian ini ditemukan, terdapat bentuk-bentuk integrasi bahasa Inggris ke dalam bahasa Jawa dalam nama-nama alat elektronik di Kota Surakarta. Bentuk-bentuk tersebut meliputi: monomorfemis (contoh: lampu), polimorfemis (contoh: cathokan), kata majemuk (contoh: kap siler), pemendekan (contoh: ampli), dan singkatan (contoh: DVD). Faktor penyebab terjadinya integrasi di dalam penelitian ini terdiri dari faktor sosial (terdiri dari: keluarga, sekolah, pekerjaan, usia) dan faktor situasional (situasi kebahasaan). Situasi yang menyebabkan munculnya integrasi bahasa di sini disebabkan oleh situasi tidak resmi di dalam tuturan, status bahasa, tema tuturan, bahasa yang digunakan oleh penutur dan lawan tutur, siapa, kapan, dan di mana terjadinya tuturan juga merupakan situasi yang mengakibatkan munculnya integrasi.


Kata kunci : integrasi, alat elektronik, sosiolinguistik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Scan_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya