Penulis Utama : Evi Elisanti
NIM / NIP : S831508064
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui karakteristik modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI; 2) Menguji tingkat kelayakan produk modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI; 3) Menguji keefektifan modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI.

Penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan sebagai dasar pengembangan mengadaptasi  dari prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian dan pengembangan yang  dilakukan menggunakan langkah 1 sampai 9. Langkah-langkah penyusunan dalam penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut meliputi; 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan  bentuk produk awal, 4) uji coba lapangan permulaan, 5) revisi produk pertama, 6) uji lapangan terbatas, 7) revisi produk tahap dua, 8) uji coba lapangan operasional,  9) revisi produk akhir. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria kualifikasi dan analisis tes keterampilan berpikir kritis.

Hasil penelitian disimpulkan: 1) Karakteritik produk modul biologi materi sistem imunitas yang dikembangkan menggunakan sintaks inquiry lesson (observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi) diintegrasikan memuat aspek keterampilan berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan dan pengaturan diri) disetiap tahapannya; 2) Kelayakan produk modul berbasis inquiry lesson (IL) pada materi sistem imunitas yang diuji melalui uji validasi ahli, uji kelompok kecil pengguna lapangan(praktisi pendidikan serta siswa) sudah sesuai dengan tujuan dikembangkan. Modul berkualifikasi sangat baik serta dinyatakan layak untuk digunakan atau diimplementasikan; 3) Modul biologi berbasis inquiry lesson efektif untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pada aspek interpretasi, aspek analisis, aspek evaluasi, aspek kesimpulan, aspek penjelasan serta aspek pengaturan diri dengan kriteria sedang dan kriteria effect size besar.

 Kata kunci: Modul pembelajaran, inquiry lesson, sistem imunitas, modul berbasis inquiry lesson dan keterampilan berpikir kritis.

×
Penulis Utama : Evi Elisanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831508064
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson pada Materi Sistem Imunitas untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kelas Xi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Inggris-S831508064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M,Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.