Penulis Utama : Ericka Primadany Arie Permadi
NIM / NIP : C0214026
×

ABSTRAK

 

Lagu-lagu Nusantara merupakan kumpulan beberapa lagu Koes Plus yang mengangkat tema tentang Nusantara.. Di dalam lagu-lagu Nusantara tersebut mengandung pesan nasionalisme yang disisipkan lewat tanda-tanda konotasi di dalamnya. Penelitian ini ingin mengungkapkan (1) makna konotasi dan (2) representasi nasionalisme dalam lirik-lirik lagu Nusantara. Tujuan penelitian ini (1)   mengungkapkan   makna   konotasi   yang   terdapat   dalam   lirik-lirik   lagu Nusantara dan (2) mendeskripsikan representasi nasionalisme yang terdapat dalam lirik-lirik lagu Nusantara karya Koes Plus.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan
yang digunakan adalah semiologi konotasi Roland Barthes dengan mencari signifier (penanda) dan signified (petanda) kemudian ditemukan makna konotasi dan representamen,  kemudian  mendeskripsikan representasi nasionalisme pada lirik-lirik  lagu Nusantara karya Koes Plus. Data penelitian ini adalah struktur kalimat dalam lirik-lirik lagu Nusantara. Teknik Pengumpulan data ini menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data adalah metode deskriptif. Teknik penyajian data ini meliputi penyajian berupa kata-kata dan tanda yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini.
Simpulan penelitian ini yakni (1) analisis makna konotasi yang dilakukan pada delapan lirik lagu Nusantara karya Koes Plus   mengkonotasikan tentang usaha yang dilakukan untuk menyadarkan pentingnya rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Lagu-lagu Nusantara tersebut merupakan sebuah ajakan kepada masyarakat untuk mempersatukan tekat, niat dan tujuan bersama untuk mencintai dan saling menjaga keutuhan bangsa lewat kekayaan dan keanekaragaman yang ada   di   Indonesia   sehingga   dapat   menyukseskan   program   pembangunan pemerintah. (2) Bentuk Representasi nasionalisme yang terdapat pada   delapan lirik lagu Nusantara karya Koes Plus adalah sebuah ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menyadari tentang pentingnya rasa persatuan dan kesatuan agar tidak  terjadi  konflik-konflik  yang  dapat  memecah  belah  bangsa  dan menyukseskan menyukseskan program pemerintah dalam bidang pembangunan.

Kata kunci:  Nusantara, semiologi, konotasi, representasi

 

×
Penulis Utama : Ericka Primadany Arie Permadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214026
Tahun : 2018
Judul : Representasi Nasionalisme dalam Lirik-Lirik Lagu Nusantara Karya Koes Plus: Sebuah Pendekatan Semiotika
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Indonesia- C0214026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.