Penulis Utama : Miska Raihana
NIM / NIP : G0015155
×

ABSTRAK

 

Miska Raihana, G0015155, 2018. Pengaruh Kadar Serum Ferritin terhadap
Kadar Gula Darah Anak dengan Thalassemia.

Latar Belakang: Thalassemia merupakan salah satu kelainan genetik- herediter dengan gejala anemia hemolitik. Thalassemia diklasifikasikan menurut penurunan sintesis rantai globinnya terdiri dari Thalassemia a dan Thalassemia b.  Thalassemia b  menurut gambaran klinisnya dikategorikan menjadi Thalassemia Mayor, Thalassemia Intermedia, dan Thalassemia Minor. Sampai saat ini, belum ada pengobatan untuk penderita Thalassemia. Terapi yang diberikan kepada pasien Thalassemia saat ini adalah transfusi darah. Transfusi darah ini dilakukan untuk memperpanjang usia harapan hidup serta kualitas hidup penderita. Dengan transfusi darah, diharapkan kadar hemoglobin pasien dapat dipertahankan. Namun di lain sisi, transfusi darah berulang menyebabkan peningkatan penimbunan besi dalam tubuh penderita. Penimbunan besi ini disebut juga dengan Iron Overload. Tingginya kadar besi dapat menyebabkan toksisitas pada jaringan maupun organ di dalam tubuh, salah satunya pankreas. Hal ini dapat mempengaruhi fungsi dari insulin yang disekresi oleh pankreas. Pada pasien, dapat terjadi peningkatan kadar gula darah normal atau yang disebut dengan Impaired Glucose Tolerance. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap pengaruh kadar serum ferritin terhadap kadar glukosa pasien anak dengan thalassemia mayor.

Metode:Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan Thalassemia Mayor di RSUD Dr Moewadi Surakarta selama bulan Oktober 2018. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah 30 subjek. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil: Dari hasil analisis data dengan 30 subjek anak dengan thalassemia mayor di RSUD Dr Moewardi bulan Oktober 2018, didapatkan bahwa kadar serum ferritin tidak terbukti berhubungan signifikan dengan kadar gula darah (rs = –0,022; p = 0,910).

Simpulan:Tidak ada pengaruh yang bermakna antara kadar serum ferritin dengan kadar gula darah anak dengan thalassemia mayor.

Kata Kunci: Thalassemia, Thalassemia Mayor, Ferritin, Gula Darah, Pediatri
 

 

×
Penulis Utama : Miska Raihana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015155
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kadar Serum Ferritin Terhadap Kadar Gula Darah Anak Dengan Thalassemia Mayor
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran- Jur. Ilmu kedokteran-G0015155-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Riza, Sp.A (K), M.Kes
2. Novianto Adi Nugroho, dr., S.H.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.