Penulis Utama : Dwi Nur Mashitoh
NIM / NIP : C0214020
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana analisis mikrostruktural judul artikel daring di LINE TODAY? (2) Bagaimana analisis makrostruktural judul artikel daring di LINE TODAY?
Tujuan  penelitian  ini  adalah: (1)  Mendeskripsikan  analisis mikrostruktural judul artikel daring di LINE TODAY (2) Mendeskripsikan analisis makrostruktural judul artikel daring di LINE TODAY.
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif kualitatif dengan data penelitian berupa judul artikel daring yang diperoleh dari sumber data, yaitu LINE TODAY. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Klasifikasi data didasarkan pada mikrostruktural dan makrostruktural. Metode analisis menggunakan metode  agih  dengan  teknik  bagi  unsur  langsung,  teknik  sisip,  dan  teknik  baca markah; dan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu. Metode penyajian hasil analisis dengan metode informal. Teknik penarikan simpulan dilakukan secara induktif.
Berdasarkan  hasil  analisis  data  diperoleh  dua  simpulan,  yaitu:  (1)  Hasil analisis mikrostruktural dalam judul artikel daring di LINE TODAY adalah kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal terdiri dari pengacuan (referensi)
144 data, penyulihan (substitusi) 14 data, pelesapan (elipsis) 9 data, perangkaian (konjungsi)  45  data.  Kohesi  leksikal  terdiri  dari  repetisi  (pengulangan)  5  data, sinonimi (padan kata) 15 data, antonimi (lawan kata) 3 data, kolokasi (sanding kata)
34 data, hiponimi (hubungan atas-bawah) 4 data, ekuivalensi (kesepadanan) 1 data, dan (2) Hasil analisis makrostruktural dalam judul artikel daring di LINE TODAY adalah prinsip penafsiran personal 97 data, prinsip penafsiran lokasional 41 data, prinsip penafsiran temporal 22 data, prinsip analogi 45 data, dan inferensi 8 data.

Kata kunci : wacana,    judul    atikel    daring,    LINE    TODAY,    mikrostruktural, makrostruktral

 

×
Penulis Utama : Dwi Nur Mashitoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214020
Tahun : 2018
Judul : Analisis Wacana Judul Artikel Daring di Line Today
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Indonesia- C0214020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.