Penulis Utama : Corvi Aldhecca Russida
NIM / NIP : C0214015
×

ABSTRAK

 

 

Corvi Aldhecca Russida. C0214015.  2018.  Ketidaksadaran  Pengarang  melalui Perilaku  Abnormal  Tokoh  dalam  Novel  Pasung  Jiwa  (Studi  Psikoanalisis Sigmund   Freud).   Program   Studi   Sastra   Indonesia   Fakultas   Ilmu   Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Novel  Pasung  Jiwa  karya  Okky Madasari  memberikan sudut  pandang yang berbeda tentang perilaku abnormal. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan  yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  1)  mengapa  Okky Madasari memunculkan tokoh-tokoh dengan perilaku abnormal dalam novel Pasung Jiwa? 2) bagaimana ketidaksadaran Okky Madasari dalam memunculkan tokoh-tokoh berperilaku abnormal? Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui alasan Okky Madasari memunculkan tokoh dengan perilaku abnormal, 2) mengetahui hasrat atau keinginan terpendam Okky Madasari yang tercermin dari tokoh dengan perilaku abnormal. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis psikokritik.

Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan 1) dalam kaitannya dengan perilaku abnormal tokoh, Okky Madasari menganggap bahwa perilaku abnormal bukan sebagai gangguan jiwa, tetapi sebagai implementasi akibat terkungkung oleh norma dan larangan yang mengikat, 2) analisis mengenai ketidaksadaran  yang  meliputi  kondensasi,  pengalihan,  dan  simbolisasi memberikan tiga poin. Pertama, novel Pasung Jiwa merupakan wadah bagi Okky Madasari untuk menyampaikan hasratnya dalam menyuarakan hak LGBT. Okky Madasari mendukung gerakan LGBT karena pengaruh pengalaman pernah berteman dengan kelompok gay. Kedua, perspektif Okky Madasari dalam memandang ketidakwarasan  atau kegilaan  dipengaruhi  oleh  pemikiran  Michel Foucault, hal ini tercermin dari hubungan kegilaan dan kelompok marginal yang digambarkan melalui tokoh Sasana. Ketiga, novel Pasung Jiwa mencerminkan jiwa   Okky   Madasari   dalam   memandang   norma,   kebebasan,   dan   perilaku abnormal. Okky Madasari memandang bahwa akibat seseorang berperilaku abnormal adalah karena terlalu dikekang oleh aturan dan pengaruh dominasi kelompok mayoritas..

 

 

×
Penulis Utama : Corvi Aldhecca Russida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214015
Tahun : 2018
Judul : Ketidaksadaran Pengarang Melalui Perilaku Abnormal Tokoh dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari (Studi Psikoanalisis Sigmund Freud)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prog. Studi Sastra Indonesia- C0214015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.