Penulis Utama : Setiya Poncowati
NIM / NIP : D0313073
×

ABSTRAK
Kajian budaya secara komprehensif berarti melakukan kontruksi yang dimaknai dengan mereproduksi dan mengkaji hal-hal yang mempengaruhinya. Penelitian ini akan meneliti tentang Identitas pengrajin busana jawa di Kampung Kauman terbentuk dari kesamaan latarbelakang masyarakat serta mempunyai tujuan sama. Teori AGIL digunakan untuk menggambarkan bagaimana identitas itu masih terjaga hingga saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilakukan dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus tunggal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari informasi yang diperoleh langsung dari informan terkait fokus penelitian. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Pada penelitian ini penulis memilih 7 informan yang terdiri dari 6 pengrajin dengan variasi, yaitu pengrajin Blangkon, Keris, Beskap, Warangka Keris, Sabuk, dan Selop. Serta 1 orang informan tambahan yaitu bapak lurah Desa Krajan yang dianggap mengetahui informasi secara mendalam. Terdapat enam teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara, rekaman arsip, observasi langsung, observasi partisipan dan perangkat fisik. Pengujian keabsahan data yang terkumpul menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data model interaktif melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas yang terbangun pada pengrajin busana jawa di Desa Kauman, Gatak, Kabupaten Sukoharjo karena berawal dari kesamaan sebagian warga yang pernah bekerja di busana jawa Solo. Strategi yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan memodifikasi produksi. Hasil pengembangan membuat jaringan semakin luas dan banyak produk modifikasi yang di buat di Kampung Kauman. Faktor pendukung yang dirasakan pengrajin busana jawa disediakan lahan kios untuk memamerkan produksinya sedangkan faktor penghambat adalah penggunaan sosial media yang tidak sesuai tujuannya bergeser dari pembicaraan bisnis menjadi bias.

Kata kunci: Identitas, Pengrajin, Busana Jawa, Kebudayaan.

 

×
Penulis Utama : Setiya Poncowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313073
Tahun : 2018
Judul : Identitas Kampung Pengrajin Busana Jawa di Tengah Maraknya Budaya Populer di Dukuh Kauman, Krajan, Gatak, Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0313073-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Supriyadi SN., S.U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.