Penulis Utama : Afiq Fauzi
NIM / NIP : D0311005
×

ABSTRAK
Komunitas Sriwedari Corolla Classic (SCC) bertujuan menjadi wadah bagi pecinta Mobil Corolla di Surakarta, sebagai wadah saling bertukar informasi dan untuk mencari persaudaraan sesama peggemar hobi Corolla. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solidaritas sosial dalam komunitas Sriwedari Corolla Classic (SCC) di Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di Surakarta, karena komunitas Sriwedari Corolla Classic (SCC) berada di Kota Surakarta.
Karakteristik Komunitas Sriwedari Corolla Classic adalah kuat dan erat, bersifat kekeluargaan. Penyebab terjadinya solidaritas sosial dari dimensi internalnya, yaitu muncul dari perasaan, mencari pertemanan dan persaudaraan, karena kesamaan hobi. Dari dimensi eksternalnya yaitu karena adanya kegiatan bersama seperti touring dan kopgab (kopdar gabungan).  
Teori yang digunakan adalah teori solidaritas sosial dari Emile Durkheim, analisa data dengan mendalami interaksi yang terjadi didalam SCC, bahwa kesetiakawanan menunjuk pada suatu keadaan hubungan antara individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama, yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Perasaan emosional bersama merujuk pada ikatan persamaan tentang perasaan anggota komunitas SCC terhadap hobi mereka, yaitu Mobil Corolla yang bernaung dalam satu wadah yakni komunitas Sriwedari Corolla Classic (SCC).
Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi, sumber data dari data primer, yaitu melalui observasi lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelitian, arsip-arsip dan foto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa suatu komunitas tidak akan kuat dan berhasil mencapai tujuan bersama jika tanpa adanya kerjasama dan solidaritas sosial. Solidaritas sosial yang terjalin di dalam komunitas SCC berdasarkan prinsip-prinsip, yaitu rasa senasib dan seperjuangan yang bertolak ukur pada kesamaan hobi, bentuk ungkapan timbal balik yang dengan diapresiasikan lewat suatu kegiatan yang mendorong eksistensinya komunitas SCC di dalam masyarakat, serta pengungkapan yang tidak berlebihan, dimana saling menghargai jika terjadi perbedaan pendapat antar anggota. Solidaritas sosial yang terjalin sendiri dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan, seperti touring, kopdar (kopi darat), kopgab (kopdar gabungan), Event, seperti kegiatan bakti sosial.

Kata Kunci: Solidaritas sosial, Komunitas, Sriwedari Corolla Classic, SCC

 

×
Penulis Utama : Afiq Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311005
Tahun : 2018
Judul : Solidaritas Sosial Komunitas Pecinta Mobil Corolla Classic ( Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Solidaritas Sosial Komunitas Sriwedari Corolla Classic di Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Sosiologi - D0311005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.