Penulis Utama : Ratna Azizah
NIM / NIP : K4314052
×

ABSTRAK

Penelitian berlatarbelakang pada pentingnya keterampilan argumentasi ilmiah  secara   struktural  dan   kebenaran  konten  dalam   pembelajaran   sains khususnya biologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi Three-Stage Fishbowl Decision yang dipadu dengan media Mind Mapping dalam pembelajaran biologi terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas XI MIA.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan desain Nonrandomized Control Group dengan Pretest-Posttest yang dilakukan pada 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling pada populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran  2018/2019   pada   mata   pelajaran   biologi  dengan   materi  jaringan tumbuhan. Sampel terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas perlakuan pertama dengan metode diskusi Three-Stage Fishbowl Decision yang dipadu dengan media Mind Mapping, kelas perlakuan kedua dengan metode diskusi Three-Stage Fishbowl Decision  dan  kelas  kontrol  tanpa  perlakuan.  Penilaian  argumentasi  ilmiah mengacu pada Toulmin’s Argument Pattern (TAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh perlakuan metode Three-Stage Fishbowl Decision terlihat pada saat diskusi berlangsung dengan hasil bahwa kelas eksperimen memiliki keterampilan argumentasi ilmiah lisan lebih unggul daripada kelas kontrol. Keterampilan argumentasi ilmiah tulis tertinggi dicapai oleh kelas eksperimen pertama dengan perlakuan metode diskusi Three-Stage Fishbowl Decision yang dipadu dengan media Mind Mapping berdasarkan hasil pretest dan posttest.
Kesimpulan dari penelitian yaitu perlakuan metode Three-Stage Fishbowl Decision yang dipadu dengan media Mind Mapping dalam pembelajaran biologi terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas XI IPA berpengaruh lebih baik pada pembelajaran biologi.

Kata kunci: argumentasi ilmiah, metode diskusi Three-Stage Fishbowl Decision, media Mind Mapping

 

×
Penulis Utama : Ratna Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314052
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Metode Diskusi Three-Stage Fishbowl Decision yang dipadu dengan Media Mind Mapping dalam Pembelajaran Biologi terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI MIA SMA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prpg. Studi Pendidikan Biologi- K4314052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari,S.Si.,M.Si
2. Dr.Ir. Yudi Rinanto,M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.