Penulis Utama : Rinjani Alam Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414038
Tahun : 2018
Judul : Peran Kontak Tani Dalam Budidaya Padi Organik Di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian.-Prog. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0414038-2018
Subyek : PERTANIAN ORGANIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN

Rinjani Alam P. H0414038. “Peran Kontak Tani dalam Budidaya Padi Organik di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar”. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si. dan Bapak Arip Wijianto, S.P., M.Si.
Pertanian  organik  merupakan  jawaban  atas  munculnya  permasalahan akibat adanya revolusi hijau. Revolusi hijau bertujuan untuk meningkatkan produksi  pangan  nasional,  khususnya  swasembada  beras.  Munculnya permasalahan lingkungan juga merupakan dampak dari adanya revolusi hijau. Salah satu kendala bagi pengembangan padi organik adalah   para petani konvensional sudah terbiasa menggunakan pupuk dan pestisida non organik. Kecamatan Mojogedang mempunyai hasil produksi padi organik tertinggi di Kabupaten Karanganyar. Selain itu adanya permasalahan terkait dengan petani- petani  yang  belum  menerapkan  budidaya  padi  organik  yang  dapat  dikaitkan dengan peran kontak tani diwilayah tersebut. Oleh karena itu menarik untuk dikaji bagaimana peran kontak tani dalam budidaya padi organik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji budidaya padi organik, peran kontak tani dalam budidaya padi organik, mengkaji hubungan antara peran kontak tani  dengan  budidaya padi  organik  serta mengkaji  apakah  terdapat  perbedaan peran  kontak  tani  menurut  petani  berdasarkan  pendididkan  petani,  luas  lahan petani dan lingkungan petani. Peran kontak tani meliputi peran sebagai pemimpin, teladan, pendidik, penggerak dan rekan penyuluh. Anjuran budidaya padi organik meliputi lahan dan pengolahan lahan, benih, sumber air, pengelolaan kesuburan tanah, pemeliharaan tanaman dan pengendalian OPT serta panen dan pasca panen. Penelitian  dilakukan  menggunakan  metode  kuantitatif.  Teknik  pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak
60 responden dari 2 kelompok tani yang diteliti. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan Uji Beda U Mann Whitney.
Berdasarkan uji korelasi  menunjukan bahwa peran kontak tani sebagai pemimpin dan sebagai pendidik terdapat hubungan yang sangat signifikan dengan budidaya  padi  organik,  dan  peran  kontak  tani  sebagai  penggerak  terdapat hubungan yang signifikan dengan budidaya padi organik, sedangkan peran kontak tani sebagai teladan dan rekan penyuluh tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan budidaya padi organik. Berdasarkan uji beda menunjukkan tidak ada perbedaan peran kontak tani yang signifikan menurut petani berdasarkan pendidikan petani, luas lahan, dan lingkungan petani.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si
2. Arip Wijianto, S.P., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian