Penulis Utama : Solikhatul Putri Amelia
NIM / NIP : K7114173
×

ABSTRAK
Solikhatul Putri Amelia. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN MELALUI MEDIA UNO CARD PADA SISWA KELAS II SD N TEGALSARI TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pembagian dengan menggunakan media UNO card pada siswa kelas II SD N Tegalsari tahun ajaran 2017/ 2018.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media UNO card dapat meningkatkan kemampuan menghitung pada siswa kelas II SD N Tegalsari tahun ajaran 2017/2018. Kondisi awal, ketuntasan kelas prasiklus sebesar 21,74%. Ketuntasan kelas pada siklus I meningkat menjadi 60,87%, pada siklus II meningkat menjadi 91,30%.

Kata Kunci: kemampuan mengitung, pembagian, media UNO card.
 

 

×
Penulis Utama : Solikhatul Putri Amelia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114173
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Menghitung Pembagian Melalui Media Uno Card pada Siswa Kelas II SD N Tegalsari Tahun Ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP.-Prog. PGSD- K7114173-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M. Pd
2. Dr. Siti Wahyuningsih, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.