Penulis Utama : Yuni Latifa
NIM / NIP : K7114194
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tunjungseto yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati gambar jenis-jenis pekerjaan pada media ular tangga, (b) menanya berdasarkan gambar pada media ular tangga, (c) mencoba memainkan media ular tangga, (d) menalar  dengan  media  ular  tangga,  dan  (e)  mengomunikasikan  hasil  diskusi dengan media ular tangga, terbukti persentase proses belajar siklus I 78,68%, siklus II meningkat menjadi 86,5%, dan siklus III meningkat menjadi 90,58%; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan, terbukti persentase jumlah siswa yang tuntas pada siklus I = 83,33%, siklus II = 90,48%, dan siklus III = 100%; (3) kendala yang dihadapi yaitu kegiatan mengamati belum sepenuhnya berjalan dengan tertib. Adapun solusinya adalah guru melakukan ice breaking, mengatur, menguasai, memperhatikan, dan menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Simpulan penelitian ini adalah. penerapan pendekatan saintifik dengan media ular tangga dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Tunjungseto tahun ajaran 2017/2018

Kata kunci: Pendekatan saintifik, media ular tangga, pembelajaran IPS

×
Penulis Utama : Yuni Latifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114194
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Pembelajaran Ips pada Siswa Kelas III Sdn Tunjungseto Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP PPendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114194-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.