Penulis Utama : Ummy Prasetyowati
NIM / NIP : S021608056
×

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Indonesia menempati urutan ketujuh sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak  di  dunia.  Komplikasi  diabetes  merupakan  penyebab  angka  kematian  tertinggi. Terdapat faktor yang mempengaruhi perilaku perawatan diri (self care) pada pasien diabetes melitus. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan dengan Health Belief Model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi health belief model yang mempengaruhi perilaku perawatan diri pada pasien DM tipe 2.
Subjek  dan  Metode:  Penelitian  ini  menggunakan  studi  analitik  observasional  dengan pendekatan  cross  sectional.  Penelitian  dilakukan  di  Rumah  Sakit  Umum  Dr  Moewardi Surakarta, Jawa Tengah pada bulan Januari sampai April 2018. Pengambilan subjek menggunakan total sampling dengan jumlah 200 subjek pasien DM tipe 2 dalam waktu 1,5 bulan. Variabel dependen adalah perilaku perawatan DM. Variabel independen adalah persepsi keparahan, persepsi kerentanan, persepsi ancaman, persepsi manfaat, isyarat bertindak, efikasi diri, sikap, dan dukungan keluarga. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis jalur.
Hasil:  Perilaku  perawatan diri  pada pasien  DM  tipe  2  dipengaruhi langsung oleh persepsi ancaman (OR= 3.208; CI (95%) 1.981 sampai 4.435; p<0 xss=removed p=0.092),>0.259; p=0.029). Perilaku perawatan diri dipengaruhi tidak langsung oleh persepsi keparahan, persepsi kerentanan, sikap, dukungan keluarga dan isyarat bertindak (cues to action). Kesimpulan: Perilaku perawatan diri pada pasien DM tipe 2 dipengaruhi langsung oleh persepsi ancaman, persepsi manfaat, dan cues to action.  Perilaku perawatan diri pada pasien DM tipe 2 dipengaruhi tidak langsung oleh persepsi kerentanan, cue s to action, sikap, dan dukungan keluarga.

Kata kunci: Perilaku perawatan diri, Health Belief Model, DM tipe 2, Path Analysis

 

×
Penulis Utama : Ummy Prasetyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021608056
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Pengaruh Health Belief Model Terhadap Perilaku Perawatan Diri Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rsud Dr Moewardi Surakarta Tesis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021608056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Didik Tamtomo, dr., M.Kes., PAK., MM
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.