Penulis Utama : Syarifatul Fikriyyah
NIM / NIP : S021602056
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak penyandang disabilitas  mengakibatkan  peningkatkan kecemasan,  ketidakstabilan  emosi  dan reaksi menghindar dari lingkungan yang berdampak pada penurunan kualitas hidup keluarga. Ibu memiliki beban yang lebih besar dalam pengasuhan anak penyandang disabilitas baik secara fisik dan psikologis yang akan mengganggu proses perkembangan dan pertumbuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stres pengasuhan di Sanggar Inklusi Kabupaten Sukoharjo.
Subjek  dan Metode:  Penelitian  ini  merupakan  analitik  observasional  dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Sanggar Inklusi Kabupaten Sukoharjo pada bulan Februari-Maret 2018. Pengambilan sampel dengan total sampling sejumlah 163 subjek penelitian. Variabel dependen yaitu stres pengasuhan. Variabel independen yaitu pendidikan, kecerdasan adversitas, pendapatan keluarga, pekerjaan, dukungan suami, dukungan keluarga dan tingkat disabilitas anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis jalur.
Hasil: Stres pengasuhan ibu meningkat dengan tingkat disabilitas anak yang tinggi (b= 4.64, SE= 1.72, p= 0.07) dan status pekerjaan ibu (b= 1.68, SE= 0.93, p= 0.069). Stres pengasuhan ibu menurun dengan pendidikan yang tinggi (b= -8.50, SE= 0.86, p= <0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Stres pengasuhan dipengasuhi oleh tingkat disabilitas anak yang tinggi, status pekerjaan ibu, pendidikan ibu yang rendah, kecerdasan adversitas yang tinggi, dukungan suami yang tinggi, pendapatan keluarga yang tinggi dan dukungan keluarga yang tinggi.


Kata Kunci: stres pengasuhan, anak disabilitas, path analysis

 

×
Penulis Utama : Syarifatul Fikriyyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602056
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Pengasuhan pada Ibu dengan Anak Penyandang Disabilitas di Sanggar Inklusi Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021602056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rita Benya Adriani, S.Kp., M.Kes.
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.