Penulis Utama : Anita Sukowati Ningsih
NIM / NIP : K4614018
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar bolavoli mini melalui Penggunaan Metode Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Sragen Tahun yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 20 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Hasil analisis di peroleh dari meningkatkan hasil belajar teknik dasar bolavoli mini siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran padasat sebelum tindakan tidak menggunakan metode pendekatan bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari gerak dasar bolavoli mini sehingga keterampilan gerak dasar bolavoli mini siswa masih rendah dan hasil belajar gerak dasar bolavoli mini siswa kurang maksimal.
Hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 63,16%, sedangkan pada siklus II mencapai 86,84%.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapam pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar bolavoli mini siswa kelas IV SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Anita Sukowati Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614018
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Bolavoli Mini pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PENJASKES-K4614018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.