Penulis Utama : Bayu Anggara
NIM / NIP : K2514018
×

Turbin angin savonius merupakan sistem konversi energi angin yang memiliki potensi yang baik dalam memenuhi kebutuhan energi skala kecil. Akan tetapi, desain standar dari turbin savonius memiliki efisiensi dan kecepatan putar yang relatif kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika turbin angin savonius dengan penambahan fin pada blade
Penelitian ini menggunakan computational fluid dynamic (CFD) dari sebuah software Finite Element Analysis (FEA). Turbin angin savonius pada penelitian ini memiliki diameter rotor 1,1 m dan tinggi 1,4 m. Model 3D dari turbin savonius dibuat dengan software CAD SolidWorks® dengan variasi tanpa penambahan fin, 1 fin, 2 fin dan 3 fin. Kecepatan angin yang digunakan pada simulasi ini adalah 4,5 m/s dengan permodelan turbulensi k-epsilon standard. Simulasi ini menggunakan dynamic mesh model, yang kemudian di ekspor pada ANSYS FLUENT untuk menentukan karakteristik aerodinamika seperti drag, torsi, dan koefisien daya.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah variasi penambahan 1 fin menunjukkan performansi aerodinamika yang lebih baik dibandingkan dengan variasi penambahan 2 fin, 3 fin dan tanpa penambahan fin. Penambahan 1 fin menghasilkan nilai koefisien daya 0,221 paling tinggi dibandingkan variasi yang lain. Variasi penambahan 1 fin menunjukkan distribusi tekanan yang lebih baik, dengan tekanan yang lebih merata dan perbedaan tekanan antara permukaan cekung dan cembung yang lebih signifikan daripada variasi yang lain.

 

×
Penulis Utama : Bayu Anggara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514018
Tahun : 2018
Judul : Studi Numerikal Turbin Angin Savonius Tipe S dengan Penambahan Fin pada Blade Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.