Penulis Utama : Bagas Nugraha Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214006
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Ragam Hias pada Media Kain di Kelas VII B SMPN 1 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214006-2018
Subyek : PEMBELAJARAN, RAGAM HIAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) pembelajaran ragam hias pada media kain di kelas VII B SMPN 1 Grogol Sukoharjo ditinjau dari  aspek  tujuan,  materi,  metode,  model,  media  dan  evaluasi.  (2)  faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ragam hias pada media kain di kelas VII B SMPN 1 Grogol Sukoharjo. (3) hasil karya ragam hias pada media kain yang dihasilkan siswa kelas VII B SMPN 1 Grogol Sukoharjo ditinjau dari aspek ide, warna dan bentuk/motif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu  Mulyani selaku guru seni budaya kelas VII SMPN 1 Grogol Sukoharjo dan siswa kelas VII B SMPN 1 Grogol Sukoharjo, serta foto, hasil karya dan dokumen arsip. Teknik pengumpulan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informant. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan pembelajaran disesuaikan dengan materi yang diberikan pada setiap pertemuan, siswa mampu menyebutkan motif ragam hias dan teknik penerapannya pada media kain, siswa mampu melipat kain dengan baik dan benar, siswa mampu mencampur warna dan mewarnai kain serta melakukan finishing pada karya. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, demonstrasi dan pemberian tugas. Model menggunakan model project based learning. Media pembelajaran berupa karya yang sudah jadi dan contoh proses berkaya. Evaluasi pembelajaran pada aspek kerjasama, kreativitas  dan  finishing.   (2)  faktor  pendukung  pembelajaran  yaitu   media berkarya, waktu pembelajaran, siswa dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat pembelajaran yaitu siswa dan fasilitas. (3) hasil karya siswa dari aspek ide, warna dan motif sudah baik namun masih ada yang bisa dikembangkan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd.
2. Nanang Yulianto, S.Pd, M.Ds.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP