Penulis Utama : Bagas Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214007
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Ragam Hias pada Benda Keras Studi Kasus : Kelas VIII H SMPN 1 Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214007-2018
Subyek : PEMBELAJARAN, RAGAM HIAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) proses pembelajaran ragam hias pada benda keras kelas VIII H SMP N 1 Jaten Karanganyar (2) faktor faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ragam hias pada benda keras kelas VIII H SMP N 1 Jaten Karanganyar (3) hasil karya ragam hias pada benda keras kelas VIII H SMP N 1 Jaten Karanganyar. 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII H SMP N 1 Jaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan reviu informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran ragam hias pada benda keras dilakukan selama 4 pertemuan, setiap pertemuan berlangsung dalam 3 tahap antara lain kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab, model yang digunakan adalah model belajar kelompok dan evaluasi yang dilakukan guru memandang dari aspek afektif, psikomotor dan kognitif. (2) faktor pendukung yang menunjang pembelajaran seni budaya khususnya pada materi ragam hias pada benda keras yaitu LCD proyektor, akses internet, buku lembar kerja siswa, perpustakaan dan faktor penghambat dibagi menjadi dua faktor eksternal berupa ketergantungan internet, alat bahan praktek dan tempat dan faktor internal berupa bakat, intelegensi siswa dan perhatian siswa. (3) hasil produk/ karya pembelajaran ragam hias pada benda keras menitik beratkan pada aspek keindahan dan kreativitas, dari aspek kreativitas dilihat berdasarkan kebaruan, keunikan dan orisinalitas sedangkan dari aspek keindahan dinilai berdasarkan proporsi, komposisi dan keindahan visual.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
2. Dr. Margana, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP