Penulis Utama : Fitria Rismaningtyas
NIM / NIP : S251408012
×

Jamu merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang telah digunakan secara turun temurun. Peredaran BKO (Bahan Kimia Obat), semakin banyaknya toko obat atau apotek dan makin mudahnya akses untuk mengakses obat menjadikan jamu makin dalam krisis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar Tingkat Kapabilitas dan Modal Sosial Terhadap Keberlangsungan Usaha Jamu di Sukoharjo. Teori yang digunakan adalah Teori Kapabilitas dan Modal Sosial.
Objek penelitian ini adalah pedagang jamu yang ada di Pasar Nguter, yang menjadi  anggota  KOJAI  (Koperasi  Jamu  Indonesia).  Jenis  penelitian  ini  adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Sedangkan jumlah sampel atau responden dari penelitian ini sebanyak 75 responden. Keabsahan data dapat diperoleh melalui validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung dari Kapabilitas terhadap Keberlangsungan  Usaha  Jamu  sebesar  53,7%.  Ada  pengaruh  langsung  dari  Modal Sosial (trust) terhadap Keberlangsungan Usaha Jamu sebesar 57,7%. Ada pengaruh langsung dari Modal Sosial (networking) sebesar 65,3%. Ada pengaruh langsung dari Modal Sosial (sharing information) terhadap  Keberlangsungan Usaha Jamu sebesar 29,6%.

 

×
Penulis Utama : Fitria Rismaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251408012
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kapabilitas, Modal Sosial, dan Penggunaan Komoditas terhadap Keberlangsungan Usaha Jamu di Koperasi Jamu Indonesia (KOJAI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Sosiologi-S251408012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Y. Slamet, M. Sc, Ph. D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats