Penulis Utama : Jaenal Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214024
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Batik dengan Memanfaatkan Limbah Sebagai Media Pembuatan Canting Cap Batik di Omah Kreatif Dongaji Bantul, Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214024-2018
Subyek : LIMBAH KERTAS, BATIK CAP, PROSES PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Proses  pembelajaran pembuatan canting cap batik dengan memanfaatkan limbah kertas di omah kreatif dongaji bantul, yogyakarta; dan (2) Fakor Pendukung dan faktor penghambat pada proses pembelajaran pembuatan canting cap batik di Omah Kreatif Dongaji.

Penelitian ini dilaksanakan di Omah Kreatif Dongaji yang berlokasi di Jalan Puri Sewon Asri Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Informan penelitian adalah pemilik dari Omah Kreatif Dongaji dan peserta didik yang diambil dengan teknik purpose sampling dan snowball ampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, menganalisis arsip atau dokumen, dan observasi. Teknik uji validitas data yaitu triangulasi data dan reviu informan. Teknik analisis yang digunakan adalah flow model of analysis.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah : (1)  proses pembelajaran diawali dengan penentuan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dari masing-masing peserta didik. Materi pembelajaran tentang canting cap kertas dan materi tentang batik cap. Tujuan pembelajaran yaitu untuk menambah pengetahuan keterampilan batik cap, mengatasi permasalahan limbah, dan melestarikan batik Media pembelajaran yang digunakan yaitu canting cap kertas dan kain batik, serta alat dan bahan.  Penyampaian materi menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demostrasi dan eksperimen. Proses kegiatan pembelajaran yaitu penyampaian materi, pembuatan desain canting cap, pembuatan canting cap kertas, pengecapan, pewarnaan, pencantingan, penglorodan hingga penjemuran. Evaluasi tidak direncanakan terlebih dahulu, tanpa persiapan apapun baik tertulis maupun tidak tertulis, dilakukan secara terus menerus, tidak ada tempat dan waktu khusus, dan evaluasi berupa saran perbaikan yang disampaikan langsung saat proses pembelajaran. (2) Fakor Pendukung dan faktor penghambat proses  pembelajaran canting cap batik di Omah Kreatif Dongaji. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yaitu Lokasi pembelajaran, Alat dan bahan, teknologi, serta lingkungan masyarakat. Faktor penghambat pada kegiatan proses pembelajaran yaitu tempat yang kurang memadai.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Lili Hartono, S.Sn., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP