Penulis Utama : Thomas Diky Wahyudi C0114062
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114062
Tahun : 2018
Judul : Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Sumi Karya Tiwiek Sa (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Prog. Sastra Daerah-C0114062-2018
Subyek : NOVEL, TIWIEK SA, KONFLIK BATIN, PSIKOLOGI SASTRA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Thomas Diky Wahyudi. C0114062. 2018. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA (Sebuah Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana struktur Novel Sumi karya Tiwiek SA berdasarkan teori Robert Stanton yang meliputi fakta- fakta  cerita  (alur,  karakter,  latar),  tema,  dan  sarana-sarana  sastra  (judul,  sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi), 2) Bagaimana konflik batin tokoh utama dalam menghadapi permasalahan hidupnya dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA, 3) Bagaimana deskripsi kepribadian tokoh utama dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA dengan tinjauan Psikologi Sastra.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan struktur Novel Sumi karya Tiwiek SA berdasarkan teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dansarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi), 2) Mendiskripsikan konflik batin tokoh utama dalam menghadapi permasalahan hidupnya dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA, 3) Mendiskripsikan kepribadian tokoh utama dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA dengan tinjauan Psikologi Sastra.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian Sastra yang bersifat deskriptif kualitatif yang  datanya  berupa  kata-kata,  kalimat  atau  gambar.  Penelitian  ini  menganalisis Novel yang berjudul Sumi karya Tiwiek SA dan mendiskripsikan unsur struktural dengan teori Robert Stanton yang meliputi fakta-faktacerita (alur, karakter, latar), tema,  dansarana-sarana  sastra (judul,  sudut  pandang,  gaya  dan  tone, simbolisme, ironi). Konflik batin tokoh utama dalam menghadapi permasalahan hidupnya dan Kepribadian tokoh utama dengan tinjauan psikologi sastra.
Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik analisis isi pada Novel Sumi karya Tiwiek SA dan teknik wawancara dengan pengarang Novel Sumi yaitu Tiwiek SA. Teknik analisis data penelitian ini yaitu, reduksi data, sajian data dan verivikasi atau penarikan simpulan.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Analisis struktural dengan menggunakan teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (meliputi karakter, alur, latar), tema dan sarana-sarana sastra (meliputi judul, sudut pandang, gaya dan tone,simbolisme, dan ironi) terhadap Novel Sumi karya Tiwiek SA menunjukkan satu kesatuan  yang  utuh  dan  saling  berkaitan,  2)  Terdapat  konflik  batin  yang  terjadi kepada tokoh utama dengan beberapa tokoh bawahan dan terdapat konflik batin pada salah satu tokoh bawahan, 3) Kepribadian yang dimiliki tokoh utama dalam Novel Sumi karya Tiwiek SA memiliki fungsi jiwa yang pemikir dan perasa selain itu tokoh utama memiliki sikap jiwa yang mempunyai tipe ekstravers dan introvers, tetapi dominan tipe ekstravers.


Kata kunci: Novel, Tiwiek SA, konflik batin, psikologi sastra.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya