Penulis Utama : Gracia Inri Sari Harsono
NIM / NIP : H1815018
×

Abstrak

Industri jamu tradisional merupakan kegiatan non pertanian yang menggunakan bahan atau bahan ramuan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran bahan yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Salah satu indutri jamu di Boyolali adalah CV. Ibu Sri. CV. Ibu Sri memproduksi berbagai jamu tradisional dan jamu tilung merupakan jamu unggulan dari produsen. Jamu Tilung merupakan jamu untuk sakit maag dan tipus.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal, alternatif strategi pemasaran, dan prioritas strategi pemasaran yang paling tepat untuk Jamu Tilung di CV Ibu Sri Kabupaten Boyolali. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di CV Ibu Sri Kabupaten Boyolali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah matiks IFE, matriks EFE, matriks SWOT dan matriks QSP.

Hasil analisis Strategi Pemasaran Jamu tilung di CV Ibu Sri Kabupaten Boyolali adalah membangun image/posisi produk dengan gencar melakukan promosi terhadap jamu tilung, strategi ini memiliki total nilai daya tarik tertinggi sehingga strategi tersebut terpilih sebagai strategi prioritas yang dapat diterapkan pada pemasaran jamu di CV. Ibu Sri. Menghadapi berbagai ancaman terutama persaingan industri jamu baik secara nasional maupun lokal, mengharuskan CV. Ibu Sri untuk membangun posisi produk jamunya dibenak konsumen dengan memanfaatkan seberapa besar jaringan maupun agen pemasaran yang dimiliki melalui kegiatan promosi yang lebih gencar, untuk membangun sebuah image produk, CV. Ibu Sri memulai promosi dengan mengandalkan produk-produk jamu unggulan terlebih dahulu. Sehingga diharapkan strategi III memiliki kontribusi terhadap peningkatan pemasaran jamu di CV. Ibu Sri.

Saran penelitian yang dapat diambil adalah mengadakan promosi kepada konsumen dengan mengadakan event-event dan memberikan hadiah kepada pelanggan. Selain itu CV. Ibu Sri harus memaksimalkan penggunaan website dan media sosial.<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Gracia Inri Sari Harsono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815018
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pemasaran Jamu Tilung di CV. Ibu Sri Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis Non Reguler
Kolasi :
Sumber : Surakarta-F. Pertanian, Program Studi Agribisnis-H1815018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, M.Si.
2. Mei Tri Sundari, S.P., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.