Penulis Utama : Fahma Devi Maulida
NIM / NIP : K4314029
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inquiry training.
    Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA N 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengukur kemampuan berkomunikasi lisan, hasil belajar afektif dan  psikomotor, tes evaluasi untuk mengukur hasil belajar kognitif, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Target penelitian yaitu kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik meningkat menjadi 61% pada akhir siklus penelitian.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap indikator kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik dari Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II, berturut-turut dengan rata-rata sebesar 47,91%; 58,55%; dan 70,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik sebesar 22,9% melalui penerapan model pembelajaran inquiry training.

 

×
Penulis Utama : Fahma Devi Maulida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314029
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Peserta Didik Kelas Xi MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K4314029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
2. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.