Penulis Utama : Farihah
NIM / NIP : M3115056
×

Penelitian ini dilaksanakan karena Candi Borobudur adalah situs warisan sejarah Buddha terbesar dan terbanyak di dunia, namun karena banyaknya kesulitan untuk mengunjungi atau bahkan mempelajari sejarah Candi Borobudur. Dengan pokok permasalahan diatas, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang dan membangun aplikasi yang ditujukan untuk edukasi khususnya dalam pengenalan sejarah Candi Borobudur dan juga virtualisasi Candi Borobudur dalam bentuk 3 dimensi sehingga tampak nyata.
Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan teknologi Virtual Reality, terlebih aplikasi virtual reality ini dapat dijadikan sebagai media promosi serta meningkatkan daya tarik terhadap wisata edukasi Candi Borobudur kepada masyarakat yang terdapat di Kota Magelang dan sekitarnya. Penulis membuat bagian Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Arupadhatu dan 6 patung mudra. Aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur secara keseluruhan memiliki obyek Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Metodologi yang diambil  dalam pembuatan aplikasi ini yaitu dengan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Kemudian, software utama yang penulis gunakan adalah Blender dan unity game Engine.
Hasil  dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur berbentuk file.apk yang dijalankan pada perangkat Android yang memiliki spesifikasi minimal RAM 3 GB,  versi Lollipop (2.1), dan memiliki sensor Gyroscope. Setelah hasil penelitian ini dicoba oleh masyarakat maka diperolehlah hasil kuisioner yang telah dilakukan terhadap 30 responden. Total hasil rata-rata dari aspek visual yaitu sangat setuju 28.6%, setuju 59.6%, cukup setuju 11.8%, kurang setuju 0%, dan tidak setuju 0%. Kemudian, total hasil rata-rata dari aspek edukasi yaitu sangat setuju 37.83%, setuju 53.5%, cukup setuju 8.6%, kurang setuju 0%, dan tidak setuju 0%. Dengan kuisioner diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur mendapatkan respon yang baik dari responden, namun tentunya aplikasi ini masih perlu diperbaiki lagi. Diharapkan dengan aplikasi Virtual Reality Candi Borobudur ini dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Candi Borobudur, serta  diharapkannya aplikasi ini berguna sebagai sarana edukasi dalam pengenalan sejarah Candi Borobudur.
Kata Kunci: Virtual Reality, Android, Unity Game Engine

 

×
Penulis Utama : Farihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115056
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Virtual Reality Candi Borobudur Bagian Arupadhatu
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA-Prodi DIII Teknik Informatika-M3115056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Asri Safi’ie, S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.