Penulis Utama : Adhianty Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T631408002
Tahun : 2018
Judul : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sinergisitas Peran Gender pada Program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia TBK Cilacap Plant
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Penyuluhan Pembangunan-T631408002-2018
Subyek : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PERAN GENDER
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pembangunan nasional merupakan serangkaian proses perubahan yang diupayakan pemerintah Indonesia bersama seluruh warga atau masyarakat negara Indonesia dengan mengharapkan terwujudnya masyarakat Indonesia menuju kualitas hidup yang lebih baik. Pembangunan tersebut harus ditopang oleh seluruh anggota masyarakat baik laki-laki dan perempuan yang meliputi segala bidang. (Modul Latihan Manajemen dan Kepemimpinan Wanita, 1991). Untuk  mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu kesejahteraan masyarakat baik secara nasional maupun global (agenda SDG’s) diperlukan kerjasama dan partisipasi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, masyarakat dan pelaku bisnis (perusahaan) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu program pembangunan nasional yang dilakukan oleh perusahaan adalah melalui program   CSR.   Program   CSR   Bank   Sampah   Mandiri   adalah   program pemberdayaan masyarakat PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant. (2) Mendeskripsikan   pelaksanaan   pemberdayaan   masyarakat   yang dilakukan PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant melalui program CSR Bank Sampah Mandiri. (3) Mengkaji pola komunikasi antar perusahaan dan masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat pada program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant. (4) Mengkaji profil peran gender pada masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant (5) Merumuskan model pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant di masa depan sebagai upaya mewujudkan kesetaaraan gender.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. (case study). Pada penelitian ini menggunakan studi kasus terpancang (embeded case study research) yaitu penelitian studi kasus dimana permasalahan dan fokus penelitian sudah ditentukan sejak awal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant secara fisik kondisi wilayahnya berupa daerah perumahan di wilayah perkotaan dengan mayoritas bertipe bangunan 36, secara ekonomi menengah ke bawah, secara sosial dan budaya merupakan masyarakat yang masih menghargai harmonisasi dalam keluarga dan masyarakat ditandai dengan karakteristik masyarakat masyarakat yang guyub rukun, gotong royong, saling peduli, saling membantu dan memiliki sifat “blaka suta” serta proaktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Selain itu karakteristik masyarakat lainnya adalah adanya fluiditas dan sinergisitas peran gender dalam keluarga. Filosofi masyarakat yang menjunjung tinggi keharmonisan keluarga menyebabkan laki-laki dan perempuan saling bertukar peran untuk mencapai tujuan kesejahteraan keluarga.

Deskripsi pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pada program CSR Bank Sampah Mandiri prosesnya diawali dari dalam masyarakat itu sendiri dan mendapatkan dukungan dari PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dan merupakan komitmen bisnis perusahaan yang dilandasi oleh regulasi pemerintah yaitu Undang-Undang  Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 74 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2012 pasal 74. Pendekatan pemberdayaan masyarakat menggunakan pendekatan keluarga melalui Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant menggunakan strategi community development yaitu pemberdayaan masyarakat yang berasal dari masyarakat yang bersifat bottom-up. Metode pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan  partisipatif  dan  pendampingan  kelompok  Bank  Sampah  Mandiri. Lingkup pemberdayaan masyarakat meliputi: pengembangan kapasitas manusia (bina manusia), pengembangan kapasitas usaha (bina usaha), pengembangan kapasitas  lingkungan  (bina  lingkungan)  dan  pengembangan  kapasitas kelembagaan (bina kelembagaan) dilakukan melalui pelatihan (capacity building) dan pendampingan. Pada sisi pengembangan kapasitas kelembagaan belum dapat terealisir seluruhnya karena rencana pembentukan Koperasi Simpan Pinjam Mandiri yang berbadan hukum sampai saat ini belum terealisir. Sistem pemberdayaan  mas yara kat  telah terealisir. Sampai saat ini program CSR ini masih sustainable karena perusahaan menerapkan prinsip menghargai lokalitas (valuing the local). Namun, hasil penelitian ini juga menemukan adanya dua unsur penting yang tidak dikemukakan oleh Iffe dalam prinsip lokalitas sebagai prinsip utama pemberdayaan yaitu: menghargai keluarga (valuing family) dan menghargai kebiasaan lokal (valuing local habit) sebagai prinsip pemberdayaan masyarakat sehingga program CSR dapat diterima oleh masyarakat dan dikembangkan oleh masyarakat dengan manfaat yang lebih besar.

Pola komunikasi antara perusahaan dan masyarakat pada program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant diawali dengan komunikasi  dialektis  yang bersifat  eksternal  antar perusahaan  dan  masyarakat yang terbagi dalam tiga bentuk yaitu: mau bergabung-tidak bergabung menjadi nasabah  Bank  Sampah  Mandiri  (inklusi-seklusi),  sistem  pengelolaan  sampah rumah  tangga  non  organik  yang  baru  dan  unik  (konvensional-keunikan),  dan pengungkapan-penyembunyian pendapat terkait Bank Sampah Mandiri (pengungkapan-penyembunyian) dan kemudian dilakukan komunikasi secara dialogis antar perusahaan dan masyarakat. Komunikasi antar PT. Hocim Indonesia Tbk  Cilacap  Plant  dan  masyarakat  Kebonmanis  adalah  komunikasi  dialogis dengan menggunakan pihak ketiga yang berperan sebagai komunikator dan penghubung.  Penelitian  ini  juga menemukan  bahwa perusahaan  menggunakan tools berupa media audio visual seperti brosur, presentasi, foto, film dokumenter Bank Sampah Mandiri untuk mempermudah penyampaian pesan pemberdayaan kepada masyarakat. Proses komunikasi dialogis antar perusahaan dan masyarakat bertujuan untuk (1) membangun hubungan baik antar perusahaan dan masyarakat, (2) menyatukan aspirasi masyarakat yang bertentangan, (3) menyatukan pendapat yang berbeda, (4) mengungkapkan pendapat dan (5) mencari solusi.

Profil peran gender pada masyarakat penerima manfaat program CSR Bank Sampah Mandiri PT. Holcim Indonesia Tbk   Cilacap   Plant adalah terdapat pembagian peran gender yang sangat cair / tidak kaku (fluiditas) peran gender dalam keluarga dan terdapat sinergisitas peran gender dalam keluarga. Terdapat perbedaan profil peran gender versi Moser di negara Barat dengan profil gender yang dimaknai oleh masyarakat Kelurahan Kebonmanis Kabupaten Cilacap. Pada masyarakat Kebonmanis masing-masing jenis kelamin memiliki akses, kontrol, manfaat  dan  partisipasi  yang  setara  dalam  sumber  daya  dan  kegiatan  sosial maupun ekonomi bahkan dalam pengambilan keputusan dan memiliki akses juga untuk mengembangkan kebutuhan praktis dan strategis sehingga mereka bersama- sama memiliki peran produktif. Selain itu, keluarga merupakan nilai terpenting sehingga semua aktivitas yang bertujuan untuk kesejahteraan keluarga akan dilakukan dengan baik.

Model pemberdayaan masyarakat melalui sinergisitas peran gender pada program CSR PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dapat dilakukan dengan cara:  (1)  perusahaan  dalam  implementasi  program  CSR  harus memperhatikan prinsip  lokalitas  dengan  menambahkan  unsur  menghargai  keluarga  (valuing family) dan menghargai kebiasaan masyarakat setempat (valuing local habit), (2). adanya pola komunikasi strategis dialektis-dialogis yang kontekstual antar perusahaan dan masyarakat dan menggunakan tools audio visual (3). adanya fluiditas   dan   sinergisitas   peran   gender   dalam   keluarga   berdampak   pada kesempatan untuk mengembangkan kebutuhan praktis dan strategis baik laki-laki maupun perempuan tanpa mengorbankan salah satu jenis kelamin, sehingga kesejahteraan  keluarga  menjadi  lebih  baik.  Hasil  pemberdayaan  masyarakat melalui  sinergisitas  peran  gender  pada  program  CSR  Bank  Sampah  Mandiri adalah  keberdayaan  masyarakat  baik  laki-laki  dan  perempuan  yang  ditandai dengan peningkatan aspek kehidupan sebagai berikut: (1) aspek akses berupa akses pengetahuan dan ekonomi, (2) aspek peran berupa keikutsertaan atau partisipasi,  (3)  aspek  kontrol  berupa  kemampuan  berjejaring  dan  (4)  aspek manfaat berupa pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan lingkungan.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo.
2. Dra. Sri Kusumo Habsari, M.Hum, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana