Penulis Utama : Finateli Eka Wulandari
NIM / NIP : K4314032
×


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan KETERAMPILAN metakognitif  siswa  dengan  menerapkan  model  pembelajaran  problem  based learning dengan strategi metakognisi berupa penulisan jurnal reflektif pada materi biologi   kingdom   animalia.   Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   berupa penelitian   kuantitatif   dan   berjenis   penelitian   tindakan   kelas   (PTK)   yang dilaksanakan  dengan  melibatkan  kolaborasi  oleh  peneliti  dengan  guru  mata pelajaran biologi di lokasi penelitian.

Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 4 yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan selama  2  siklus.  Setiap  siklus  penelitian  terdiri  dari  tahapan  perencaranaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian meliputi: hasil pengisian Metacognitive Awareness Inventory (MAI) oleh peserta didik, hasil pengerjaan tes kognitif dan metakognitif pada materi kingdom animalia, jurnal belajar reflektif yang ditulis peserta didik, hasil observasi keterlaksanaan sintaks dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, serta dokumentasi pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Uji validitas data dilaksanakan melalui metode triangulasi. Teknik analisis data dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui tahapan yang meliputi: perencaranaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan strategi metakognitif berupa penulisan jurnal belajar reflektif meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas X MIPA 4 pada materi biologi kingdom animalia.

 

×
Penulis Utama : Finateli Eka Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314032
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Biologi Kingdom Animalia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K4314032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi., M.Pd.,
2. Dr. Harlita., S.Si., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.