Penulis Utama : Rahmad Nurfakin
NIM / NIP : D0214081
×

Orang tua rata-rata hanya meniru cara dari orang tuanya dahulu dalam mendidik anak. kurang mengenali permasalahan-permasalahan anak yang sangat dinamis. Anak-anak yang tidak memiliki komunikasi yang baik dengan orang taunya memiliki peluang untuk menjadi korban lebih besar. Yayasan KAKAK hadir untuk mencegah hal tersebut dan merehabilitasi korban kekerasan seksual dengan berbagai macam strategi dalam berkomunikasi dengan korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi untuk merehabilitasi anak korban kekerasan seksual pada anak dalam Yayasan KAKAK melalui Program TEPAK. Selain itu, dalam ini penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tata kelola strategi komunikasi Yayasan KAKAK dalam merehabilitasi anak korban kekerasan seksual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang dipilih dalam penelitian ini adalah anggota aktif dan pengurus harian dari Yayasan KAKAK, dan sukarelawan atau volunteer yang turut membantu merehabilitasi korban kekerasan seksual melalui Program TEPAK.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, bentuk dari kegiatan-kegiatan
dalam Program Temu Penguatan Anak dan Keluarga (TEPAK) yang diusung oleh Yayasan KAKAK berdasarkan semangat kekeluargaan dan kasih sayang. Strategi- strategi yang digunakan dalam menyampaikan materi rehabilitasi bersifat menyenangkan, dikemas secara ringan dan mudah diterima dengan media-media menyanyi, permainan dan menggambar. Selain itu juga menggunakan strategi komunikasi interpersonal yang penuh dengan nuansa kasih sayang dan kekeluargaan. Berdasarkan aspek komunikasi teori AIDDA yang digunakan dalam berbagai bentuk kegiatan dari Program TEPAK, ditemukan tata kelola strategi komunikasi Yayasan KAKAK dalam merehabilitasi anak korban kekerasan seksual. Dari hal inilah Yayasan KAKAK dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi yang profesional. Untuk lebih meningkatkan efektifitas rehabilitasi Yayasan KAKAK diharapkan mempererat hubungan dengan korban dan keluarga korban.

 

×
Penulis Utama : Rahmad Nurfakin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214081
Tahun : 2018
Judul : Strategi Komunikasi Yayasan Kakak Dalam Merehabilitasi Korban Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi pada Program Temu Penguatan Anak dan Keluarga (TEPAK) Sebagai Media Rehabilitasi Anak Korban Kekerasan Seksual di Yayasan KAKAK di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D0214081-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra. Wijaya, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.