Penulis Utama : Jati Sarana Pardiyana
NIM / NIP : M3115074
×

ABSTRAK

Jati Sarana Pardiyana. 2018. PEMBUATAN GAME “PERISTIWA RENGASDENGKLOK” DENGAN MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS ANDROID. Program DIII Teknik Informatika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Game merupakan sarana hiburan yang dapat dimainkan oleh semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa dan menjadikan game pilihan untuk sekedar mengisi waktu luang atau menghilangkan kejenuhan. Seiring dengan berkembangnya game, tujuan dibuat game tidak hanya sekedar sebagai media hiburan akan tetapi dapat dimasukkan elemen edukasi yang menunjang proses pembelajaran bagi pemainnya. Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia yang penting untuk dipelajari. Karena sebagai salah satu peristiwa percepatan proklamasi juga menunjukan konfik antar golongan muda dan golongan tua yang berakhir dengan sikap saling menghargai diantara mereka.  Game edukasi sejarah kemerdekaan dengan judul game “Peristiwa Rengasdengklok” ini memiliki tujuan sebagai media edukasi dan hiburan bagi masyarakat.
Adapun metode penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan yang akan dibuat dengan mengumpulkan data menggunakan sumber referensi yang didapatkan dari buku-buku yang terkait.  Proses perancangan aplikasi dimulai dengan mendesain tiap karakter, konsep, dan game play. Proses pembuatan aplikasi dilakukan dengan mengimplementasikan desain dan melakukan proses coding sesuai dengan perencanaan. Proses pengujian dilakukan dengan cara menguji game agar sesuai dengan rancangan.
Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah game 3D peristiwa Rengasdengklok dengan genre game RPG menggunakan Unity 3D yang dapat dijalankan pada perangkat Android.
Kata Kunci : Peristiwa Rengasdengklok, Game, Edukasi , Unity 3D.

×
Penulis Utama : Jati Sarana Pardiyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115074
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Game “ Peristiwa Rengasdengklok” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115074-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hartatik. S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.