Penulis Utama : Giri Pratama
NIM / NIP : M3115061
×

ABSTRAK

Fakta bahwa masih banyak universitas yang menggunakan pencatatan kehadiran mahasiswa secara manual, yaitu dengan menggunakan lembar pencatatan kehadiran pada kegiatan perkuliahan. Mengurangi efisiensi dan keakurasian universitas dalam melakukan kegiatan pencatatan kehadiran. Tidak jarang pula terdapat manipulasi kehadiran yang dilakukan oleh mahasiswa.
Disisi lain, RFID (Radio Frequency Identification) mulai dikembangkan sebagai salah satu teknologi baru yang akan memudahkan manusia untuk melakukan identifikasi berbagai hal, tediri dari tag berupa chip khusus yang mempunyai kode-kode informasi yang unik dan suatu reader yang berfungsi untuk membaca kode-kode pada tag tersebut. Prototipe RFID attendance sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu tag yang akan digunakan sebagai pengganti ID card dan reader yang digunakan untuk membaca informasi menyangkut kehadiran mahasiswa, integrasi database pada sistem ini akan memungkinkan data untuk langsung disimpan secara otomatis ke dalam database.    
Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah prototipe dari RFID attendance sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan, mengolah, serta membuat record  data kehadiran mahasiswa.
Kata Kunci : RFID, Presensi, Tag

 

×
Penulis Utama : Giri Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115061
Tahun : 2018
Judul : Sistem Informasi Presensi Mahasiswa D3 Teknik Informatika UNS Berbasis RFID (Radio Frequency Identification)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3115061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Asri Safi’ie, S. Si., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.