Penulis Utama : Sugiono
NIM / NIP : S991508018
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  :  1)  mengkaji  pelaksanaan  pendidikan prakarya dan kewirausahaan SMA di DKI Jakarta; 2) mendeskripsikan hambatan yang dialami pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan prakarya dan kewirausahaan SMA di DKI Jakarta. 3) menghasilkan model pendidikan prakarya dan kewirausahaan SMA di DKI Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Situasi sosial dalam penelitian bertempat di SMA N 61 Jakarta, SMA N 66 Jakarta dan SMA N 79 Jakarta. Sampling yang digunakan adalah Stratified purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi aktif, dan  studi dokumen. Validasi data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, triangualasi teknik, member check dan focus group discussion. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis data model interaktif yang terdapat aktivitas dalam menganalisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing verification.
Hasil  penelitian  ini  menyimpulkan bahwa :  1)  Implementasi  pendidikan prakarya dan kewirausahaan SMA di DKI Jakarta untuk setiap sekolah memiliki perbedaan masing-masing dalam pelaksanaannya ditinjau dari standar isi, standar
pendidik dan tenaga kependidikan, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan  standar  sarana  prasarana.  2)  Hambatan  dalam  pelaksanaan  pendidikan prakarya dan kewirausahaan ada dua yaitu latar belakang pendidikan guru dan ketersediaan sarana prasarana. 3) Model pelaksanaan pendidikan prakarya dan kewirausahaan yang sudah ada masih belum berjalan optimal sehingga diperlukan sebuah model alternatif yang dapat diterapkan oleh setiap sekolah dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan, Model Pendidikan Prakrya dan Kewirausahaan

×
Penulis Utama : Sugiono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508018
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan SMA di DKI Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991508018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.