Penulis Utama : Rosinawati Dewi
NIM / NIP : S841608020
×

Abstrak

Sapaan dan kesantunan merupakan dua hal penting yang tidak dapat dipisahkan  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Sapaan  dan  kesantunan  digunakan untuk memperkuat hubungan komunikasi antara pembicara dan lawan bicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) bentuk sapaan yang digunakan siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) makna kata sapaan dalam pembelajaran, dan (3) pematuhan prinsip-prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yang bertujuan  untuk  mengahsilkan  data  berdasarkan  fenomena  yang  ada  secara empiris dan hasil bersifat apa adanya. Data penelitian ini berupa peristiwa tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Al Abidinn Bilingual Boarding School Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat dan rekam. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk sapaan yang digunakan siswa dengan siswa berbeda dengan bentuk sapaan yang digunakan siswa kepada guru. Bentuk sapaan yang digunakan siswa kepada siswa yaitu sapaan pronomina pertama, nama diri, dan  nama lain sedangkan  bentuk sapaan  yang digunakan siswa untuk menyapa guru adalah Miss dan Mr. Bentuk sapaan yang mendominasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah sapaan pronomina persona dan nama diri, (2) pemilihan kata sapaan dipengaruhi oleh makna kekuasan (power) dan makna solidaritas (solidarity), (3) pematuhan prinsip-prinsip kesantunan menurut Leech (1983) dibagi menjadi enam maksim yang meliputi maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, dan maksim kesimpatian. Pematuhan prinsip kesantunan yang mendominasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Al Abidin Bilingual Boarding School Surakarta adalah pematuhan maksim kebijaksanaan.

Kata Kunci : bentuk sapaan, makna sapaan, prinsip kesantunan, dan pembelajaran

×
Penulis Utama : Rosinawati Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608020
Tahun : 2018
Judul : Sapaan dan Kesantunan dalam Tindak Tutur Berbahasa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Al Abidin Bilingual Boarding School
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841608020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Edy Tri Sulistyo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.