Penulis Utama : Triyanto
NIM / NIP : S841508030
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)  meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan teknik epigonal pada siswa kelas VII E SMP 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan teknik epigonal pada siswa kelas VII E SMP 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: triangulasi sumber data, tringulasi metode, dan reviu informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Tahapan yang dapat ditempuh siswa dalam memanfaatkan Teknik Epigonal adalah sebagai berikut (a) sebanyak mungkin membaca puisi para penyair (baik penyair asing maupun puisi penyair Indonesia), (b) mengidentifikasikan kemenarikan puisi, (c) mengategorikan aspek kemanarikan puisi, (d) memilih  puisi-puisi yang inspirasional dan menarik (mungkin menarik karena tema ataupun style), (e) menemukan pola (frame) pengucapan/pemulisannya, (f) menirukan pengucapan/penulisan dengan frame yang telah ditemukan, dan (g) mengedit secara cermat sehingga puisi yang ditulisnya sudah relatif memesona.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan teknik epigonal dapat meningkatkan minat belajar siswa dan kemampuan menulis puisi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Peningkatan minat terlihat pada siklus I pertemuan 1 persentase siswa yang aktif selama apersepsi 75,17%; perhatian dan konsentrasi 75,86%; dan keaktifan dan antusias siswa pada saat guru menyampaikan materi 78,62%. Pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan yaitu siswa yang aktif selama apersepsi adalah 84,83%; perhatian dan konsentrasi 86,21%; dan keaktifan dan antusias siswa pada saat guru menyampaikan materi 86,20%. Peningkatan kemampuan menulis puisi terlihat dari persentase nilai menulis siswa pada tiap siklusnya. Pada prasiklus persentase keberhasilan siswa sebesar 37,93%;  pada siklus I sebesar  62,06%; dan pada siklus II mencapai 86,20%.

Kata Kunci : puisi, minat siswa, pembelajaran menulis puisi, teknik epigonal

×
Penulis Utama : Triyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508030
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Minat dan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Epigonal pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 16 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841508030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.