Penulis Utama : Bintang Adi Prasetya
NIM / NIP : K4614025
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar dribbling dan passing bawah sepak bola menggunakan Pendekatan Bermain pada siswa kelas IV  SD  Negeri 01 Dayu tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Dayu yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 12 siswa putri dan 21 siswa putra. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Uji validitas data menggunakan teknik penilaian triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil  analisis  data  dapat  disampaikan  sebagai  berikut:  hasil  belajar  gerak dasar dribbling dan passing bawah sepak bola pada Siklus I dari 33 siswa prosentase
ketuntasan 54,55% atau sebanyak 18 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,82% atau sebanyak 27 siswa sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%.
Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar dribbling dan passing bawah sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Dayu.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Dribbling Dan Passing Bawah Sepak Bola, Pendekatan Bermain

×
Penulis Utama : Bintang Adi Prasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614025
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Dribbling dan Passing Bawah Sepak Bola pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Dayu Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi-K4614025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rony Syaifullah, M.Pd.
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.