Penulis Utama : Septiana Dewi Cahyanti
NIM / NIP : K7614050
×

ABSTRAK
Septiana Dewi Cahyanti, K7614050,  IMPLEMENTASI PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI PADA LULUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus, 2018.

Tujuan penelitian ini adalah  untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan program link and match dengan dunia usaha dan dunia industri pada lulusan pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta; 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat terjadinya link and match dengan dunia usaha dan dunia industri pada lulusan pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta; 3) mendeskripsikan solusi yang dilakukan guna mengatasi permasalahan yang terjadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah kata – kata dan tindakan serta sumber tertulis. Teknik pengumpulan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik uji validitas data berupa triangulasi sumber teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan program link and match mulai tahap persiapan/perencanaan, tahan pelaksanaan berupa proses belajar mengajar di sekolah dan jalinan kerjasama dengan industri, serta tahap evaluasi. Faktor pendukung terjadinya link and match adalah kerjasama antara sekolah dengan DU/DI. Selain itu, adanya tanggapan yang positif dari siswa, orang tua siswa, DU/DI, dan pemerintah. Sedangkan faktor penghambat terjadinya link and match ada 2 yaitu (a) faktor internal (faktor siswa dan sekolah belum maksimal dalam memberdayakan toko) dan (b) faktor eksternal (sekolah kesulitan untuk menyesuaikan kebutuhan dan tuntutan DU/DI). Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, (a) faktor internal, sekolah selalu memberikan pembekalan, untuk memaksimalkan fungsi toko sebagai laboratorium praktik, sekolah akan bekerjasama dengan Luwes (b) faktor ekternal, sekolah berusaha memaksimalkan kurikulum yang ada dengan proses kerja di industri agar tidak menyimpang dari KI/KD yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Kelima program tersebut dilaksanakan guna menunjang kualifikasi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan dan tuntuan DU/DI. Berdasarkan data yang diperoleh, lulusan pemasaran tahun 2017/2018 sebanyak 52,5% telah memperoleh pekerjaan yang sesuai, lulusan yang membuka usaha mandiri sebanyak 1,7% dengan kriteria pekerjaan yang sesuai, sedangkan lulusan yang masih belum terdefinisi pekerjaannya cukup banyak yaitu sebesar 45,8%. Total lulusan sebanyak 59 orang dengan masa tunggu memperoleh pekerjaan sekitar 5 (lima) bulan setelah lulus.

Kata kunci: Program Link and Match, DU/DI, Lulusan SMK

 

×
Penulis Utama : Septiana Dewi Cahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614050
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Program Link And Match Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Pada Lulusan Pemasaran Smk Negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prog-Pend Ekonomi- K7614015 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Sudarno, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.