Penulis Utama : Muhammad A’raaf Hidayatullah
NIM / NIP : K5613046
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya (1). hubungan power otot lengan terhadap kemampuan tolak peluru. (2)  hubungan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan tolak peluru, (3)   hubungan tinggi badan terhadap kemampuan tolak peluru, dan (4)   hubungan antara power otot lengan, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan terhadap kemampuan tolak peluru.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini  adalah mahasiswa program studi penkepor  FKIP UNS  tahun  Akademik  2016/2017.  Sampel     yang  digunakan  berjumlah  38 mahasiswa yang diambil dengan  teknik purposive  random sampling. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan terdiri dari tiga variabel bebas yaitu power otot lengan, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan, serta satu variabel terikat yaitu kemampuan tolak peluru.   Teknik analisis data korelasi ganda dan analisis regresi tiga prediktor. Sebelum data di analisis, terlebih dahulu  dilakukan  uji reliabilita dan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan
antara power otot lengan dengan kemampuan tolak peluru (rhitung = 0,571 > rtabel =
0,320), (2) ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru (rhitung  = 0,488 > rtabel  = 0,320), (3) ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan kemampuan tolak peluru (rhitung  = 0,465 > rtabel  = 0,320), dan (4) ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan dengan kemampuan tolak peluru (Fregresi  =
9.1207 > Ftabel = 2,88).
Simpulan penelitian ini adalah (1) ada hubungan yang signifikan antara
power otot lengan dengan kemampuan tolak peluru pada mahasiswa  program studi Penkepor FKIP UNS tahun akademik 2016/2017, (2) ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan tolak peluru pada mahasiswa program studi Penkepor FKIP UNS tahun akademik 2016/2017, (3) ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan kemampuan tolak peluru pada mahasiswa   program studi Penkepor FKIP UNS tahun akademik 2016/2017, dan (4) ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan dengan kemampuan tolak peluru pada mahasiswa  program studi Penkepor FKIP UNS tahun akademik 2016/2017.

Kata kunci:  Power otot lengan, kekuatan otot tungkai, tinggi badan, kemampuan tolak peluru

 

×
Penulis Utama : Muhammad A’raaf Hidayatullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613046
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Power Otot Lengan, Kekuatan Otot Tungkai dan Tinggi Badan Terhadap Kemampuan Tolak Peluru Mahasiswa Program Studi Penkepor FKIP UNS Tahun Akademik 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga- K5614044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukono, M.Or
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd, M,Or
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.