Penulis Utama : Kenny Satrio Mahissa Putro
NIM / NIP : R0015052
×

ABSTRAK


Latar Belakang : Kesehatan kerja merupakan salah satu asset berharga untuk sebuah perusahaan, karena kesehatan kerja mempengaruhi tingkat produktivitas pekerja. Lingkungan kerja memiliki faktor bahaya yang dapat menimbulkan penyakit akibat kerja atau  gangguan  kesehatan lainnya. Maka dari  itu untuk mendeteksi dini timbulnya penyakit akibat kerja atau gangguan kesehatan adalah melaksanakan pemeriksaan berkala atau medical check up (MCU) tiap tahunnya, yang diharapkan dapat menbuat upaya promosi kesehatan kerja yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menganailisis penerapan medical check up di PT. Harmoni Panca Utama.


Metode :  Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  menggunakan  metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang analisis medical check up dalam upaya promosi   kesehatan   kerja   dengan   membandingkannya   dengan   standar   dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil : Perusahaan telah mendefinisikan target program untuk meningkatkan derajat kesehatan tenaga kerja yaitu dengan melaksanakan pemeriksaan berkala atau medical check up setiap tahunnya. Yang hasilnya digunakan sebagai upaya perbaikan promosi kesehatan kerja.

Simpulan : Perusahan telah melakukan pemeriksaan berkala yang pedoman pemeriksaanya disusun oleh dokter perusahaan. Serta telah melakukan pengelompokan mengenai status kebugaran pekerja. dalam menentukan program promosi kesehatan kerja. Hal ini telah sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Kata Kunci: Medical Check Up, Kesehatan Kerja, Promosi Kesehatan

 

×
Penulis Utama : Kenny Satrio Mahissa Putro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015052
Tahun : 2018
Judul : Analisis Medical Check Up (Mcu) Tahun 2017 dalam Upaya Promosi Kesehatan Kerja di PT. Harmoni Panca Utama Job Site Pondok Labu, Tenggarong, Kalimantan Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIII Hiperkes Dan Keselamatan Kerja - R0015052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo , SKM, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.