Penulis Utama : Ikhwan Kurniawan
NIM / NIP : M3115071
×

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di pulau Jawa dengan dua hulu sungai dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo selanjutnya bermuara di Gresik. Dengan sekala sungai sebesar itu tentunya apabila meluap akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan oleh masyarakat sekitar sungai. Khususnya pada musim penghujan ketinggian air sungai Bengawan Solo sering mengalami perubahan naik turun ketinggian air, bahkan sampai mencapai level terjadinya bencana banjir dengan durasi perubahan yang cukup cepat. Untuk mengantisipasi bencana tersebut perlu dirancang sebuah alat dan sistem untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara terkini.
Tahap perancangan meliputi arsitektur sistem, desain basis data, konteks diagram, perancangan hardware dan perancangan bot. Sistem monitoring akan menggunakan hardware arduino uno dan sensor ultrasonic, sedangkan pada sistem (web) menggunakan bahasa pemrograman PHP seta MySQL sebagai penyimpanan databases.
Sistem monitoring ketinggian air telah selesai dibuat. Fasilitas yang terdapat pada sistem ini antara lain masyarakat dapat meminta informasi terkini ketinggian air pada wilayah yang terdaftar, masyarakat dapat memperoleh pesan peringatan kenaikan level ketinggian air yaitu apabila ketinggian pada level waspada dan awas.

 

×
Penulis Utama : Ikhwan Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3115071
Tahun : 2018
Judul : Sistem Monitoring Ketinggian Air Berbasis Arduino Uno Dengan Notifikasi Pesan Aplikasi Telegram
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA-Prodi DIII Teknik Informatika-M3115071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Yoeseph, S. Si., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.