Penulis Utama : Synthia Sari Toha
NIM / NIP : S201308004
×

ABSTRAK
Pendahuluan: Karsinoma sel basal (KSB) merupakan kanker kulit non melanoma yang berasal dari lapisan basal epidermis dari sel yang tidak mengalami keratinisasi. Berdasarkan   histopatologi   KSB  dapat  bersifat  agresif  dan  non  agresif.   Vascular endothelial growth factor (VEGF)-A memainkan peran penting dalam angiogenesis karsinoma.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  bahwa  terdapat  perbedaan ekspresi VEGF-A pada KSB agresif dan non agresif.
Metode:  Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Agustus 2018, dengan sampel berjumlah  19  sampel  preparat  pasien  karsinoma  sel  basal  yang  memenuhi  kriteria inklusi.   Sampel   dibagi   dalam   dua   kelompok.   Masing-masing   sampel   dilakukan pewarnaan  imunohistokimia  dengan  anti  VEGF-A  dan  ekspresinya  dihitung  secara manual  dengan empat nilai: negatif  (<10>Hasil:   Ekspresi   VEGF-A   nilai  kuat  lebih  banyak   pada  kelompok   KSB   agresif dibandingkan   kelompok   KSB   non  agresif.   Secara   statistik   ditemukan   perbedaan signifikan  ekspresi  VEGF-A  antara  KSB  agresif  dan  KSB  non  agresif  (p=0,035). Penelitian juga menemukan perbedaan signifikan antara subtipe KSB dengan agresifitas KSB (p=0,001).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna antara ekspresi VEGF-A pada KSB agresif dan non agresif serta perbedaan antara subtipe KSB dengan agresifitas KSB.


Kata  Kunci:  angiogenesis, karsinoma sel basal, vascular endothelial growth factor-A

 

×
Penulis Utama : Synthia Sari Toha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201308004
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Ekspresi Vascular Endothelial Growth Factor-A pada Karsinoma Sel Basal Agresif dan Non Agresif
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Dokter Spesialis I Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin- S201308004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K).
2. dr. Nugrohoaji Dharmawan, M.Kes, Sp.KK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.