Penulis Utama : Putri Nadhifah Pranur Oktiansri
NIM / NIP : R0015077
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Prosedur Operasi/Kerja, Informasi dan Pelaporan serta Pendokumentasian menyebutkan bahwa sistem manajemen K3 harus terkendali. Sistem manajemen K3 dapat dikendalikan melalui sistem dokumen. Dokumen merupakan salah satu standar kerja suatu perusahaan yang harus ada kejelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab pembuatan, pengkajian, persetujuan, perubahan, penarikan hingga pemusnahan dokumen. Komitmen perusahaan dalam sistem pengendalian dokumen ialah kunci sukses suatu perusahaan.

 

Metode :Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang sistem pengendalian dokumen K3. Pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara dan studi pustaka.

 

Hasil   :Sistem pengendalian dokumen dilakukan mengacu ISO 9001:2008. Dokumen dibagi menjadi dokumen Prosedur Manual, Instruksi Kerja, Izin Kerja, Formulir/Checklist. Yang bertanggung jawab atas dokumen tersebut ialah Document Controller. Dokumen yang sudah dibuat maka disimpan dengan rapi sesuai level dokumen. Dilakukan tinjauan ulang untuk memastikan apakah dokumen perlu diperbaiki kembali atau sudah sesuai dengan keadaan perusahaan secara aktualnya.

 

Simpulan :Penerapan sistem pengendalian dokumen di PT Envicon Ekatama Karawang sudah terlaksana dengan cukup baik. Penerapannya sudah mengacu pada ISO 9001:2008 dan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. Hanya perlu dikembangkan lagi dan lebih disiplin dengan komitmen dalam pengendalian dokumen.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Dokumen, HSE Officer, Kegiatan K3

 

×
Penulis Utama : Putri Nadhifah Pranur Oktiansri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015077
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Penerapan Sistem Pengendalian Dokumen Kegiatan K3 Sesudah Audit Smk3 di PT Envicon Ekatama Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIII Hiperkes Dan Keselamatan Kerja - R0015077-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.