Penulis Utama : Putra Ardi Ightiarudin
NIM / NIP : R0214077
×

ABSTRAK


Latar Belakang : Kebanyakan anemia dalam kehamilan disebabkan oleh defisiensi besi dan perdarahan akut. Anemia pada kehamilan yang tidak tertangani denganbaik dapat menyebabkan kematian. Anemia menyumbang seperlima dari AKI yang terjadi di seluruh dunia. Anemia dalam kehamilan dipengaruhi oleh beberapa faktr, salah satunya adalah pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor risiko kadar Hb ibu hamil (bekerja dan tidak bekerja) yang melakukan ANC  di Puskesmas.


Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei deskriptif dengan menganalisa secara deskriptif distribusi frekuensi kadar rendah Hb berdasarkan faktor  individu  (umur,  status  gizi,  paritas,  usia  kehamilan,  jarak  kehamilan, infeksi, pendidikan, status pekerjaan, KB abortus, danstatus perkawinan) faktor faktor kesehatan ( ANC, kecukupan tablet besi, asuransi kesehatan). lingkungan (sosial ekonomi). Data diambil menggunakan sumber data sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi pada 580 responden kemudian dianalisis dengan SPSS versi 23 dan Microsoft Excel 2016.


Hasil : Analisis hasil menunjukkan 280 responden merupakan ibu hamil yang bekerja dan 300 responden ibu hamil yang tidak bekerja   dari data tersebut diperoleh hasil bahwa ibu hamil yang tidak bekerja (20.9%) yang mengalami anemia lebih sedikit dari pada ibu hamil yang bekerja (23.1%)


Kesimpulan : Kesimpulan penelitian ini ibu hamil yang bekerja lebih rentan terkena anemia daripada yang tidak bekerja. Berdasarkan penelitian ini, tenaga kesehatan dapat meningkatkan perannya sebagai edukator dan care giver guna memberikan pemahaman pada ibu hamil terkait pencgahan anemia dan penanggualangan anemia pada ibu hamil.

Kata Kunci : Kadar Hb, Ibu hamil, Bekerja dan tidak bekerja

 

×
Penulis Utama : Putra Ardi Ightiarudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214077
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Faktor Risiko Kadar Hb Ibu Hamil (Bekerja dan Tidak Bekerja) yang Melakukan Anc di Puskesmas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0214077-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khotijah SKM., M.Kes,
2. Istar Yuliadi, dr., M.Si., FIAS.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.