Penulis Utama : Dicky Arif Rahman Prakoso R0214028
NIM / NIP : R0214028
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Lingkungan kerja di industri sering membuat pekerjaan kurang optimal. Salah satunya pencahayaan ditempat kerja yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan dan melihat objek kerja sering sekali diabaikan. Intensitas pencahayaan yang buruk di tempat kerja atau tidak memenuhi standar peraturan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, ketegangan dan kelelahan pada mata. Kelelahan mata bisa terjadi karena tempat kerja dan bisa juga karena faktor organisasi kerja seperti pekerjaan yang monoton dan waktu yang dihabiskan dalam bekerja dengan atau tanpa istirahat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan intensitas pencahayaan dan masa kerja dengan keluhan kelelahan mata pada pekerja di CV. Valasindo Sentra Usaha.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik, dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi total dalam penelitian ini adalah pekerja di CV. Valasindo Sentra Usaha sebanyak 93 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi dan didapatkan jumlah sampel 45 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lux Meter dan Kuesioner Keluhan Kelelahan Mata. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji statistik Spearman dan Gamma and Sommer’d dengan menggunakan program komputer SPSS versi 23.0.

Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara intensitas pencahayaan dengan keluhan kelelahan mata (p-value = 0.003, r = -0.432) dan terdapat hubungan antara masa kerja dengan keluhan kelelahan mata (p-value = 0.001, r =
0.706).

Simpulan: Terdapat hubungan antara intensitas pencahayaan dan masa kerja dengan keluhan kelelahan mata pada pekerja bagian produksi di CV. Valasindo Sentra Usaha.

Kata Kunci: Intensitas Pencahayaan, Masa Kerja, Keluhan Kelelahan Mata

 

×
Penulis Utama : Dicky Arif Rahman Prakoso R0214028
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214028
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Intensitas Pencahayaan dan Masa Kerja dengan Keluhan Kelelahan Mata di CV Valasindo Sentra Usaha
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0214028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.KM., M.Si
2. Dr. Isna Qodrajati, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.