Penulis Utama : Rija Hafizie Hasbi
NIM / NIP : K3211052
×

ABSTRAK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Sejarah berdirinya UMKM Kreatif Biji Kacang Craft; 2) Proses pembelajaran informal kerajinan Pop Up Book di UMKM Kreatif Biji Kacang Craft.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Strategi yang digunakan adalah strategi kasus tunggal terpancang. Penelitian ini dilakukan pada satu objek saja, yaitu di Biji Kacang Craft sehingga dikatakan studi kasus tunggal. Sumber data utama berupa kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini mengambil sumber data: (1) Narasumber (informan), (2) Tempat dan peristiwa, dan (3) Dokumen dan arsip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan review informan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, sejarah berdirinya UMKM Kreatif Biji Kacang Craft berawal dari ketertarikan Anis (pemilik industri kreatif) terhadap berbagai kerajinan salah satunya Pop Up Book. Pada mulanya kerajinan tersebut hanya sebagai hadiah kepada teman-temannya  yang sedang ulang  tahun dan  wisuda,  karena banyaknya  teman  yang tertarik  dengan  hasil kerajinan tersebut, ia mulai menekuni Pop Up Book dengan nama usaha Biji Kacang Craft yang dimulai sejak tahun 2014 hingga saat ini. Kedua, proses pembelajaran Pop Up Book di UMKM Kreatif Biji Kacang Craft. Model pembelajaran yang digunakan mirip dengan tutor sebaya. Teman atau tim inti yang sudah bisa membuat Pop Up Book mengajarkan atau sharing seputar pengalaman tentang cara membuat Pop Up Book yang sudah ia lakukan kepada junior yang masih freelance /pendatang baru. Secara sederhana metode yang dilakukan untuk menyampaikan proses pembelajaran ialah memberi pengertian tentang aturan main atau pakem dalam pembuatan Pop Up Book, setelah itu memberi tutorial tentang teknis pembuatan Pop Up Book. Ketiga, hasil karya Pop Up Book di UMKM Kreatif Biji Kacang Craft berupa kreasi kayu, kreasi mahar, seserahan dan lain- lain.

Kata Kunci: Pop up, Biji Kacang Craft

 

×
Penulis Utama : Rija Hafizie Hasbi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211052
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Berkreasi Pop Up Book di Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Biji Kacang Craft di Desa Ngringo Karanganyar Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Seni Rupa - K3211052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supryadi, M.Pd,
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.